Berburu Batik di Cirebon

batikcirebon4

(Business Lounge – Travel) – Cirebon merupakan salah satu tempat bagi para pecinta batik. Memang, bagi para penggemar batik, belum lengkap rasanya perjalanan ke Cirebon jika belum mengunjungi tempat penjualan batik. Mulai dari batik yang dijual di butik sampai grosiran dengan harga yang sangat terjangkau. Berburu batik di Cirebon bisa dikatakan cukup seru, karena pilihannya sangatlah banyak. Mari kita mulai mengenal pesona batik di Cirebon.

batikcirebon1

Anda bisa memulai perburuan batik Anda ke salah satu tempat yang populer, yaitu Kampung Pusat Grosir Batik Trusmi. Saya berani jamin Anda pasti puas memilih dan memborong batik disana, karena di tempat tersebut, percaya atau tidak Anda bisa menemukan batik dengan harga yang super murah! Bahkan, dengan biaya sekitar dua puluh ribuan Rupiah saja Anda juga sudah bisa mendapatkan batik yang bagus dengan pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan selera Anda. Menyenangkan, bukan? Motif dan corak yang tersedia juga cukup banyak, dan bukan hanya untuk orang dewasa saja, tetapi juga untuk anak-anak. Soal harga, bisa dikatakan cukup bervariasi, dari yang sangat murah sampai yang cukup mahal.

batikcirebon2

Suasana di Kampung Pusat Grosir Batik Trusmi di Cirebon memang bisa dikatakan cukup memikat, karena Anda dapat menemukan banyak sekali penjual batik di sepanjang jalan disana. Ya, Kampung Pusat Grosir Batik Trusmi yang terletak di Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon ini memang ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama bagi para pecinta batik. Selain itu, yang menarik disana adalah di desa Trusmi terdapat banyak pengrajin batik, sehingga Anda juga bisa melihat langsung proses membatik yang ada disana. Menarik, bukan?

batikcirebon3

Selain berburu batik grosiran, jika Anda ingin membeli batik yang eksklusif, di Cirebon juga banyak tersedia butik yang menjual batik dengan desain yang eksklusif. Bahkan, bahan kainnya pun bisa dikatakan berkualitas tinggi. Namun, biasanya harganya cenderung lebih mahal. Ada yang unik jika mengunjungi butik yang menjual batik di Cirebon, yaitu sebelum masuk kedalam, biasanya pengunjung harus melepaskan sandal atau sepatunya terlebih dahulu. Mungkin bisa saja hal tersebut bertujuan untuk menjaga kebersihan butik-butik tersebut.

batikcirebon5

Berburu batik di Cirebon memang bisa dikatakan sangat memuaskan. Anda mau mencari batik dengan harga berapapun, semuanya ada. Bahkan, pilihan warna dan juga corak serta motifnya bervariasi, sehingga dijamin Anda tidak akan merasa bosan untuk berbelanja batik di Cirebon. Selain berbelanja batik untuk Anda secara pribadi, batik yang dijual di Cirebon juga bisa dijadikan oleh-oleh bagi keluarga maupun orang lain di lingkungan kerja Anda. Pokoknya, dijamin puas berburu batik di Cirebon. Anda ingin merasakan serunya berburu batik di Cirebon? Hmm..tidak ada salahnya Anda mulai merencanakannya, karena dijamin hal itu akan menjadi pengalaman berbelanja yang seru bagi Anda!

Fanny Sue/Journalist/VMN/BL
Images : Businesslounge/Fanny
Editor : Fanya Jodie