(Businessloung.co – Empower People) Menjadi produktif itu berarti mempelajari dalam kehidupan sehari-hari apa dan bagaimana mengatur hidup ini lebih banyak memberikan hasil.

Bagaimana lebih produktif adalah bagaimana mengatur diri bahwa hari itu memulai sesuatu dengan ide yang baik, lalu mampu melaksanakan ide itu, bisa saja hal itu berkaitan dengan hal jangka panjang maupun jangka pendek yang cukup untuk sehari saja, namun jangan pernah membiarkan waktu berlalu dengan tidak produktif.

Ada 7 jurus yang bisa kita pakai sebagai pendongkran produktivitas :

1. Tetapkan Ide Cemerlang di Pagi Hari
Pagi hari saat yang sangat efektif untuk menetapkan hari ini mau diisi dengan kegiatan apa saja, sehingga sebelum menghirup teh pagi hari dan bahkan sebelum menyentuh sarapan pagi, sudah ada ide yang menjadi acuan mau melakukan kegiatan apa saja hari ini. Dengan menetapkan ide cemerlang ini, maka tidak ada waktu terbuang dengan tidak berbuat apa-apa atau berjalan mengambang, tetapi berjalan dengan sebuah tujuan yang pasti.

2. Tentukan Tujuan Harian
Dengan menentukan tujuan harian, maka akan mudah menentukan prioritas kegiatan hari ini. Dengan kerangka waktu dan kapasitas yang ada, apa yang bisa dicapai hari ini, dan pastikan sebuah dorongan untuk mencapai tujuan harian ini. Motivasi untuk mencapai tujuan tersebut menjadi dorongan semangat hari ini, hal ini seperti energy yang membuat kita bergerak.

3. Atur Waktu dan Isi Waktu
Setiap hari tersedia waktu yang terbatas, dan waktu ini terus mengalir, suka atau tidak suka maka pagi akan berganti menjadi siang, lalu sore dan kemudian malam. Oleh sebab itu atur waktu dengan mengatur jadwal dan mengisi waktu tersebut untuk diisi sebaik mungkin yang bisa dilakukan pada hari ini. Sekalipun ada yang bisa kita kerjakan atau kita tahu bahwa tidak bisa dikerjakan hari ini, sehingga prioritas bisa ditetapkan dengan mengatur waktu yang terus mengalir ini.

4. Bangunlah Kebiasaan Baik
Untuk lebih produktif, janganlah melakukan hal yang tidak produktif. Untuk menyadarkan diri tidak melakukan hal yang tidak produktif maka bangunlah sebuah kebiasaan untuk melakukan hal yang baik. Bila kebiasaan baik ini anda tidak suka, maka justru biaskan untuk melakukan hal yang baik karena ini mengubah hidup dari kebiasaan buruk yang tidak produktif.

5. Jangan Kerja di Saat Kelelahan
Produktifitas tercipta ketika pikiran dan phisik memang dalam keadaan prima, oleh sebab itu atur diri untuk bekerja pada saat tidak kelelahan. Bekerja pada saat kelelahan hanya menimbulkan lebih lelah dan tidak produktif. Berlembur secara berlebihan justru tidak efektif, namun atur istirahat secukupnya sampai pikiran dan tubuh segar, lalu isi lagi dengan hal yang produktif.

6. Jangan Tidak Fokus
Pada saat bekerja usahakn bekerja dan selesaikan tugas secara fokus, jangan biasakan bekerja tidak fokus dan berlarut-larut, karena hasilnya tidak terbaik. Sekalipun kita bisa saja mengerjakan multitasking atau berbagai tugas dibebankan pada kita, tetapi ketika melakukan sesuatu kerjakan dengan fokus.

7. Jangan Tertimbun Pekerjaan
Bila banyak tugas yang kita hadapi hari ini, janganlah kita tertekan dengan timbunan pekerjaan yang banyak itu karena menjadi tidak efektif dan tidak produktif. Uraikan dan daftar timbunan pekerjaan tersebut, lalu mulailah kerjakan satu demi satu secara fokus dan ada kemajuan. Kalau bisa selesai hari ini maka selesaikan, bila memang harus dilanjutkan esok hari maka atur jadwal untuk esok hari. Jangan pernah terdiam karena himpitan timbunan pekerjaan, tetapi bergerak maju satu demi satu pekerjaan tersebut.

Zefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.