Banyak Hal yang Membuat Proyek Menjadi Begitu Penting

(Business Lounge – Manage Your Business) Proyek atau usaha yang dikerjakan untuk mengatasi masalah yang dihadapi, dilakukan di setiap perusahaan apapun jenisnya dan berapapun besarnya, proyek bersifat sementara artinya ada awal dan akhirnya. Proyek juga biasanya unik karena belum pernah dilakukan sebelumnya. Kalau anda di perusahaan airport services, maka pembayaran airport tax dengan credit card misalnya bisa merupakan proyek karena memang belum pernah dilakukan sebelumnya. Proyek pembangunan pelabuhan, bandara dan sebagainya dikenal sebagai proyek. Setiap perusahaan membutuhkan proyek disebabkan berbagai alasan sederhana.

Budget Constraints

Alasan pertama yang sering menimbulkan sebuah proyek adalah adanya keterbatasan anggaran. Untuk melakukan efisiensi diperlukan adanya proyek yang merupakan percobaan untuk menghasilkan efisiensi sehingga menemukan pengurangan biaya.

Tighter Competition

Kompetisi yang ketat juga membuat perusahaan menyusun  proyek. Memenangkan sebuah persaingan diperlukan cara-cara diluar kebiasaan yang ada, diluar pekerjaan yang rutin, itulah proyek.

Crisis – Must Survive

Bila kondisi perusahaan menghadapi masa sulit atau krisis yang jika tidak berhasil dilalui akan mengakibatkan kerugian besar, maka pada saat   perusahaan memerlukan proyek.

Regulators Demand

Proyek dapat timbul karena alasan aturan yang diharuskan oleh pemerintah, sebagai contoh belakangan ini Bank Indonesia menyampaikan aturan untuk setiap bank menggunakan IFRS sebagai acuan penyusunan laporan keuangan. Karena alasan itu maka berbagai bank melakukan perubahan yang menimbulkan proyek yang dilaksanakan dimana-mana.

Show Team Performance

Proyek dibutuhkan saat sebuah divisi, bagian sedang mengejar target tahunan yang mungkin sudah tertinggal. Tim penjualan biasanya sering melakukan hal ini, melalui spesial promo, atau melakukan canvassing ke sebuah kota, mereka sedang melaksanakan sebuah proyek.

Build Relationship, Communications and Team Work With All Staff

Proyek perbaikan komunikasi antar karyawan merupakan contohnya, ini buka pekerjaan regular namun bersiat sementara yang dibutuhkan untuk menghidupkan hubungan yang baik dan kondusif.

Companies Business Development

Alasan yang favorit untuk sebuah proyek adalah adanya pengembangan bisnis, ide-ide banyak ditemukan untuk membuat perusahaan bertumbuh. Biasanya cara untuk melaksanakannya maka dibentuklah proyek yang menjadi sarana untuk pengembangan sebuah bisnis sebelum akhirnya menjadi sebuah unit usaha sendiri yang memiliki keuntungan yang besar.

Proyek-proyek seperti ini paling bertumbuh dalam sebuah perusahaan, khususnya perusahaan perusahaan yang memilik anggaran cukup untuk melakukan pengembangan bisnis melakukan banyak proyek-proyek untuk menghasilkan bisnis-bisnis yang baru.

More Innovations Required

Kepentingan yang utama dari sebuah proyek adalah karena inovasi diperlukan untuk membuat perusahaan bisa bertahan. Ketika kebutuhan inovasi sudah sangat mendesak diperlukan sebuah proyek untuk menemukannya. Pada kurva product life cycle inovasi diperlukan saat perusahaan mendekati maturity phase, bila inovasi tidak ada maka perusahaan akan memasuki tahap penurunan yang akan menyebabkan perusahaan akan tutup. Saat seperti inilah perusahaan memerlukan inovasil melalui proyek-proyek yang kreatif.

Fadjar Ari DewantoFadjar Ari Dewanto/Managing Partner Business Advisory Vibiz Consulting