Apa Kabar Ibu?

(Business Lounge – Art) Himpunan Mahasiswa Seni Rupa Fakultas Pendidikan Seni dan Desain Universitas Pendidikan Indonesia bekerjasama dengan Komunitas 4 Perempuan menyelenggarakan pameran biografi kesenian bertajuk Apa Kabar Ibu? #2. Pameran yang akan berlangsung hingga 28 November 2014 merupakan kelanjutan dari pameran Apa Kabar Ibu? yang pernah berlangsung pada tahun 2011 di Galeri Kita, Bandung.

IMG_3591

IMG_3602

Anunsiata Srisabda adalah pencetus istilah biografi kesenian yang terentet dalam penyebutan tajuk pameran ini. Ia juga bertindak sebagai kurator sekaligus penggagas program pameran ini sehingga tidak hanya sekedar estetika kata-kata belaka. Pameran ini menampilkan karya-karya yang merujuk pada jejak yang pernah dilalui para seniwati yang barangkali telah mempengaruhi sikap kesadaran mereka dalam memaknai hidup.

Pameran ini juga menampilkan artefak aktifitas yang pernah dijalani para seniwati, sehingga kurasinya memberikan bobot lebih pada biografi kesenian seniwati ketimbang kekaryaannya.

IMG_3604

IMG_3607

IMG_3608

IMG_3610

IMG_3611

IMG_3613

IMG_3627

Biografi kesenian ini kemudian dituangkan dalam bentuk berbagai karya mulai dari seni lukis, seni dalam bordir, seni menyulam, seni dalam membatik, fesyen, dan berbagai bentuk kesenian lainnya. Seluruh hasil karya ini adalah buah 14 wanita penggiat kesenian yang namanya tidak asing lagi, seperti Ully Sigar Rusady yang telah dikenal sebagai musisi juga Sammaria Simandjuntak sebagai sineas. Dengan adanya perhelatan ini maka diharapkan terjadi pertukaran pikiran dan pengalaman hidup dalam berkesenian. Selain itu diharapkan ajang ini akan menjadi sarana komparasi pengalaman dengan lini periode waktu yang berbeda yang tujuan besarnya adalah untuk mengembangkan kreatifitas para seniwati di masing-masing bidangnya.

IMG_3633

IMG_3634

IMG_3637

IMG_3638

IMG_3639

IMG_3643

Sonang Elyas/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: Sonang Elyas