CEMARA 6

(Business Lounge – Art) Galeri Cemara 6 merupakan salah satu tempat yang juga dapat mengakomodir kebutuhan para pencinta seni yang ingin beraktifitas. Galeri ini berdiri pada 1993 sebagai sebuah galeri yang digunakan juga untuk mengadakan pertunjukan seni, pembacaan puisi, atau sekedar berdiskusi tentang seni.

Diprakarsai oleh Prof. Dr. Toeti Heraty N. Roosseno maka berdirilah Galeri Cemara 6 dengan mengambil lokasi yang berdekatan dengan institusi kebudayaan Galeri Nasional, Gedung Kesenian Jakarta, dan Taman Ismail Marzuki. Beberapa ruangan telah menjadi bagian dari galeri ini, ruang pamer utama, perpustakaan pribadi dengan berbagai pilihan buku filsafat, auditorium, ruang rapat, cafe, serta halaman belakang yang dapat digunakan untuk diskusi, presentasi video art, pertunjukan seni, pembacaan puisi, juga aktivitas kebudayaan lainnya. Selain itu terdapat juga 5 kamar untuk mereka yang homestay dan tempat tinggal Toeti Heraty.

Uniknya juga, galeri ini bersisian dengan sebuah kafe terbuka bersuasana romantis serta rumah singgah berada di sampingnya. Kedua bangunan ini telah menjadi trademark bagi Galeri Cemara 6.

IMG_3198

IMG_3197

IMG_3194

IMG_3196

IMG_3193

IMG_3175

IMG_3176

Sekarang mari kita intip apa yang menjadi koleksi dari galeri ini. Ada sejumlah lukisan yang merupakan hasil karya lebih dari 60 seniman Indonesia seperti Basuki Abdullah, Affandi, Popo Iskandar, dan Mochtar Apin. Ada juga ruangan khusus yang menampilkan 50 lukisan karya Salim (selama hidup di Paris) yang dipamerkan pada 1995 dengan tajuk “Choices of the Heart, Modern Indonesian Paintings from Toeti Heraty’s Collection” di Museum voor Volkenkunde di Rotterdam, Belanda.

Galeri ini memiliki bangunan yang terbagi dua tetapi tetap bersambungan. Satu bagian terletak di Jalan Hos Cokroaminoto No.09 – 11 dengan luas 850 m sedangkan bagian lainnya terletak di Jalan Cemara No.6 dengan luas luas 650 m.

IMG_3190

IMG_3178

IMG_3186

IMG_3185

IMG_3179

Bagi Anda pencinta seni dan barang-barang antik, ada baiknya meluangkan waktu untuk berkunjung ke Cemara 6 Galeri-Museum di Jl. HOS Cokroaminoto 9-11 Jakarta.

Sonang Elyas/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: Sonang Elyas