Keindahan Tanah Tertinggi Pulau Jawa

(Business Lounge – Travel) Saya berkesempatan menjejakkan kaki di Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa yang tidak henti-hentinya membuat saya berdecak kagum menyaksikan keindahan alam, ciptaan Sang Maestro Ulung. Gunung yang juga dikenal sebagai Mahameru ini termasuk pada daftar gunung berapi aktif yang ada di Indonesia. Bahkan gunung ini dapat dikatakan satu yang teraktif. Nampak kawahnya yang selalu mengeluarkan letupan secara berkala pada setiap 15 – 20 menit sekali. Kepulan asap pun membumbung dan kadang menghamburkan batu kerikil ke udara. Bagi saya,pemandangan ini sangat spektakuler.

Mau mencoba mendaki hingga puncaknya? Anda membutuhkan persiapan fisik dan logistik yang matang. Tidak kalah pentingnya pengetahuan pendakian yang memadai. Tetapi keletihan fisik yang mungkin Anda rasakan dalam sekejap akan terlupakan ketika Anda menyaksikan pemandangan yang luar biasa serta pengalaman yang saya jamin tidak akan Anda lupakan.

SEP_0389

SEP_0629

Konon, sejarah masyarakat Jawa menceritakan bahwa Pulau Jawa pada suatu saat mengambang di lautan luas, dipermainkan ombak kesana-kemari hingga kemudian Pulau Jawa dipakukan dengan cara memindahkan Gunung Meru di India ke atas Pulau Jawa. Beberapa upacara keagamaan pun sering dilakukan di gunung ini.

SEP_1398

SEP_0719

Penasaran dengan pemandangan Gunung Semeru ini dan mau mencoba untuk mendakinya? Jangan lupa untuk mencari informasi yang sebanyak-banyaknya untuk mempersiapkan diri Anda sekaligus mendaftarkan diri ke Kantor Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jl. Raden Intan No. 6, Malang, Jawa Timur, Indonesia. Tetapi jika Anda telah cukup memiliki pengalaman, Anda dapat langsung mendaftar ke pos penjagaan yang ada di Ranupani. Sebagai catatan gunung ini pada waktu-waktu tertentu sering ditutup untuk pendakian karena alasan keselamatan.

SEP_0827

Ada beberapa rute alternatif untuk mencapai kaki gunung Semeru. Rute yang paling sering dilalui para pendaki adalah rute melalui Malang – Tumpang. Anda dapat berangkat dari terminal Arjosari di kota Malang dengan menaiki minibus menuju Tumpang., Kemudian perjalanan dapat Anda lanjutkan dengan kendaraan Jeep menuju Ngadas. Tetapi apabila dan Anda terbatas sehingga memaksa Anda untuk berhemat, maka Anda dapat menumpang truk milik petani setempat menuju Ngadas. Untuk mengakses Gunung Semeru sendiri, Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp. 50.000.

SEP_0187

Saya jamin, Anda tidak akan pernah menyesal ketika Anda merasakan kedua kaki Anda berjejak di tanah Semeru, tanah tertinggi di Pulau Jawa.

Sonang Elyas/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: Sonang Elyas

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.