Hadapi penyelidikan keamanan AS, Honda Menarik Lebih Banyak Kendaraannya

(Business Lounge – Business Insight) Honda Motor Co saat ini menghadapi penyelidikan keamanan AS, mengingat kembali peristiwa penarikan mobil AS yang memiliki cacat pada kantong udara yang yang diproduksi Takata Corp sehubungan dengan beberapa kecelakaan yang menewaskan penumpangnya.

Produsen mobil terbesar ketiga milik Jepang ini mengatakan hal penarikan ini pada Kamis (6/11) demikian seperti dilansir oleh Reuters. Memang telah tercatat banyak kasus kecelakaan yang dialami mobil dengan model tahun 2001-2006 yang dijual atau terdaftar pada daerah lembab sehingga inflators kantong udara dianggap paling rentan untuk pecah.

Honda mengatakan bahwa hingga kini belum ada klaim akibat cidera yang kemudian diklaim serta adanya kecelakaan yang menewaskan yang kemudian dikonfirmasi. Lebih dari 17 juta mobil di seluruh dunia kemudian ditarik oleh 10 produsen terkait kantong udara produksi Takata, yang dapat pecah dan akan berakibat pecahan logamnya ke dalam kompartemen penumpang.

Tindakan untuk meng-upgrade “kampanye keselamatan” dari Honda dengan mengadakan penarikan formal, terjadi sehari setelah regulator keamanan AS, untuk kedua kalinya minggu ini, memerintahkan Honda untuk memberikan informasi di bawah sumpah tentang kantong udara.

Honda pun mengambil langkah terbaru yang mengakibatkan penarikan beberapa mobil, termasuk hampir 1 juta mobil pada bulan Juni dan 560.000 mobil pada bulan April 2013. Honda memang tidak memberikan jumlah total yang tepat dari penarikan tersebut. Dealer AS akan menggantikan kantong udara inflator milik penumpang. Setidaknya empat kematian yang tercatat melibatkan mobil Honda, dan lebih dari selusin cedera telah dikaitkan dengan cacatnya airbag tersebut.

Honda adalah pelanggan terbesar Takata, serta dua perusahaan yang memiliki hubungan bersejarah yang mendalam. Kedua perusahaan mengatakan bahwa mereka bekerja sama dengan Administrasi Lalu Lintas Highway Safety AS Nasional dalam melakukan investigasinya.

Honda telah menarik hampir 7,6 juta mobil di Amerika Serikat sejak tahun 2008 karena inflators yang rusak dan lebih dari 9,5 juta mobil secara global. Total mobil yang mengalami kerusakan kantong udara di US kira-kira lebih dari 11 juta.

Takata memerintahkan teknisi untuk menghancurkan hasil tes pada beberapa kantong udara setelah menemukan retakan di inflators kantung udara, demikian dilansir oleh New York Times pada Jumat (7/11).

Model yang ditarik termasuk Honda Accord 2003-05, Civic 2001-05, CR-V 2002-05, Element 2003-04, Odyssey 2002-04, Pilot 2003-05, Ridgeline 2006, 2003-05 Acura MDX, dan 2005 Acura RL.

Honda mengatakan bahwa banyak mobil yang dijual atau terdaftar di negara-negara kelembaban tinggi, seperti Alabama, Florida, Georgia, Hawaii, Louisiana, Mississippi, Carolina Selatan, Texas, Puerto Rico, US Virgin Islands, Saipan, Guam dan Samoa Amerika.

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: