Penemu Sistem Operasi Android Hengkang dari Google

(Business Lounge – Business Insight) Saat ini siapa yang tidak kenal dengan sosok Andy Rubin, yah Andy Rubin memang sudah dikenal sebagai bapaknya sistem operasi Android. Pasalnya, lewat ide jenius dan perusahaan besutannya yaitu Android inc. Sistem operasi Android itu lahir, sebelum akhirnya diakuisisi Google pada tahun 2005 yang membuat Android diambil alih Google dan Andy Rubin pun beralih kerja untuk Google.

Berkat kerja keras Andy Rubin dan Google, saat ini sistem operasi Android menjadi sistem operasi paling banyak digunakan di perangkat smartphone dan menjadi pesaing berat iOS besutan Apple. Tapi sayangnya kebersamaan Andy Rubin dan Google nampaknya akan segera berakhir.

Seperti yang dilaporkan dari Ubergizmo, Andy Rubin dikabarkan akan segera hengkang dari Google dan memilih untuk mengembangkan karirnya sendiri di bidang teknologi. Kabarnya Andy Rubin akan membangun sebuah perusahaan startup sendiri.

Andy Rubin dikabarkan akan membangun sebuah startup yang nantinya akan fokus pada peralatan inkubator dan beberapa hardware lainnya. Sebelumnya, memang bapak dari sistem operasi Android ini diketahui sudah lebih dulu pindah dari tim pengembang Android ke tim robotik Google.

Dengan keluarnya Rubin tentu tidak hanya membuat sektor Android saja yang terpukul namun juga sektor robotik. Pasalnya Google tengah berambisi untuk terjun ke dunia robotik dengan membeli sejumlah perusahaan robot seperti Boston Dynamics.

Namun pihak Google sendiri menyatakan bahwa mereka tidak akan kehilangan semangat dengan hengkangnya Andy Rubin. Bahkan CEO Google yaitu Larry Page yang menanggapi hengkangnya Rubin mengatakan bahwa “Saya berharap Andy mendapatkan yang terbaik untuk kedepannya. Sistem operasi Android ciptaanya adalah merupakan hasil penemuan yang benar-benar luar biasa sehingga dapat menarik miliaran pengguna Android. Thank you Andy”.

Dewi Lajolie/Journalist/VMN/BL
Editor: Lidia Wulan
Ubergizmo/Tyler Lee