Dian Estey – Ketua Komunitas Pasar Santa

Ibu Dian

Ibu Dian Estey adalah ketua dari komunitas lantai tiga Pasar Santa. Ibu dari tiga anak ini secara mufakat diangkat sebagai perwalian dari kelompok industry kreatif Pasar Santa.

Bagaimana ceritanya di balik pasar ini?

Tempat ini sebenarnya bisa dibilang “mati”selama tujuh tahun. Dan logikanya, it’s a bad idea to start a business here, you don’t start your business in a dead place. Dan kalau dilihat dari siapa yang datang kesini ? Ya jelas bukan target market kita. Pertama kali abcd coffee buka disini juga sepi. Untungnya, karena ini benar-benar pasar, harga sewa disini murah. So, people are willing to take a risk.

Apa yang dilakukan disini?

Yang kita lakukan disini, kita melawan semua rules bisnis yang ada. Siapa yang mau buka toko-toko seperti ini di pasar tradisional? Disini kami bukan mengikuti trend, tapi kami menciptakan marketNiche market. This whole place is a gamble, and because we’re gambling, we can be creative, and since we’re creative, we can be unique.

Seberapa jauh Kreatifitas bisa menolong pasar santa?

Tempat ini memaksa kreatifitas. Singkatnya, kalau anda tidak kreatif, anda mati. Cost memang rendah, tetapi kalau apa yang konsumen temukan tidak unik, ya mereka pasti lebih pilih ke mall. Dan vendor yang tidak kreatif ini, kalau jumlahnya banyak, bisa jadi bahaya buat komunitas, karena bisa mempengaruhi seluruh image pasar.

Bagimana anda mendeskripsikan para vendor disini?

We are a community full of misfits! Hal lain yang merupakan strength dari pasar adalah, karena kios-kios disini unik, owner-nya pun juga unik-unik. Pengunjung juga bisa dengan nyaman berkomunikasi dengan para owner, dan semuanya jadi diri sendiri disini, tanpa beban, tanpa merepresentasikan brand apapun.

Apa saja yang unik di pasar ini?

Ada toko vinyl, barang-barang vintage, open creative space, dan untuk makanan, pernah dengar nitrogen cold brew coffee, pana cotta, hotdog blackbun, crème brulle bahkan bakmi kota ? Semuanya ada di sini.

Michael Judah/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana