Langkah Praktis Dalam Membuat Anggaran

(Business Lounge – Manage Your Finances) Membuat suatu anggaran dan tetap mematuhi anggaran yang ada adalah salah satu hal yang paling penting yang perlu kita lakukan. Anggaran akan membantu kita untuk fokus pada hal-hal yang penting – membantu kita juga untuk melunasi hutang, melindungi kredit, memperhatikan rencana dana pensiun, dan serta menyimpan untuk investasi berikut. Anggaran akan membantu kita mengetahui berapa banyak uang yang kita hasilkan, kapan berlebih atau pada saat kekurangan.

Bagi para lulusan akademis yang baru maupun kaum profesional yang baru, penganggaran dapat tampak seperti suatu ide yang menakutkan. Tapi dengan mengesampingkan ketakutan untuk membuat spreadsheet yang rumit dan selama malam-malam yang panjang harus mengerjakannya, bayangkan bahwa membuat anggaran itu sesuatu yang mudah untuk dipahami dan (relatif) sederhana, tidak sesulit seperti yang Anda bayangkan. Berikut adalah lima langkah cepat untuk membantu Anda memulai membuat anggaran pertama Anda.

1. Tahu Berapa Banyak Pendapatan yang akan diterima
Terdengar jelas, kan? Langkah pertama dalam membuat sebuah anggaran adalah memahami persis berapa banyak uang yang masuk setiap bulannya. Menggabungkan semua sumber pendapatan setelah pajak akan menunjukan berapa banyak uang tunai yang anda hasilkan dan menyediakan kerangka kerja untuk menyesuaikan biaya, menentukan tingkat tabungan yang realistis, dan mencegah terjadinya kekurangan.

2. Tahu Berapa Banyak Biaya yang akan Keluar
Berikutnya, saatnya untuk mengetahui berapa biaya bulanan. Biasanya, biaya terbagi dalam dua kategori – tetap dan variabel. Memahami perbedaan mendasar antara keduanya adalah penting.

Biaya tetap
Ini adalah biaya yang biasanya sama atau berbeda sedikit dari bulan ke bulan (misalnya biaya overhead seperti sewa atau pembayaran mobil). Meskipun biaya tetap dapat diturunkan dengan adanya pilihan strategis secara jangka panjang, untuk tujuan penganggaran, biasanya diprediksikan konstan, tidak berubah.

Bagian penting dari kategori biaya tetap Anda adalah tabungan pribadi. Ingat, “membayar diri Anda terlebih dahulu” (secara teratur menyimpan beberapa gaji Anda langsung ke tabungan) adalah salah satu komponen yang paling penting untuk pertumbuhan kekayaan anda dalam jangka panjang. Banyak budgeters baru membuat kesalahan dengan hanya menyimpan apa yang tersisa – jika ada jumlah yang tersisa – setelah beban dikurangkan dari penghasilan. Bahkan jika Anda hanya dapat mengatur untuk disisihkan Rp 150.000  atau Rp 200.000 per bulan, buatlah jumlah tabungan yang konstan atau persentase bagian dari anggaran Anda. Ini akan menambahkan lebih cepat dari yang Anda pikirkan, memotivasi tabungan masa depan anda.

Setelah Anda telah menyimpan cukup dana untuk dana darurat, Anda harus menjaga tabungan – tapi tetap pertimbangkan untuk memecah uang yang masuk ke tabungan Anda antara terus menyimpan dan membayar utang.  Mungkin mulai membayar ekstra untuk utang dengan tingkat bunga tertinggi – membayar lebih sekarang dapat menghemat jutaan rupiah dalam jangka panjang.

Beban variabel
Seperti namanya, biaya variabel tidak konstan dan merupakan biaya yang dalam kendali Anda seperti hiburan, pakaian, dan wisata. Biaya variabel biasanya target pertama dari langkah-langkah pemotongan biaya jika pengeluaran bulanan Anda melebihi pendapatan bulanan Anda.

3. Finalkan Jumlah  Anggaran Anda
Setelah Anda tahu berapa banyak uang yang akan diterima dan berapa banyak biaya tetap dan variabel yang akan dikeluarkan, akan lebih mudah untuk mengambil langkah ke depan. Jika jumlahnya tidak ada peningkatan dan masih ada kekurangan pendapatan, saatnya untuk membuat beberapa penyesuaian strategis. Tanyakan kepada diri sendiri, “Biaya apa yang dapat dikurangi?” Atau “Bagaimana saya bisa meningkatkan penghasilan saya sehingga anggarannya menjadi berimbang?” Jika bermain-main dengan sisi variabel hal ini tidak menyelesaikan defisit anggaran Anda, mungkin sudah saatnya untuk mengambil langkah yang kritis dalam melihat biaya tetap yang mana yang dapat dikurangi. Mungkin sudah waktunya untuk mendapatkan partner untuk berbagi sewa dan utilitas. Mungkin saatnya  untuk  biaya  internet dapat di turunkan.

Membuat pendapatan dan beban menjadi seimbang adalah kerja keras dari suatu anggaran, di mana itulah nilai yang sebenarnya dari anggaran. Setelah Anda dapat membuat kedua angka tersebut berjalan bersama, Anda akan memiliki roadmap untuk hidup sesuai kemampuan Anda dan secara bertahap mencapai tujuan keuangan Anda yang lebih besar.

4. Sesuaikan dengan kebutuhan anda, tetapi tetap taat dengan itu.
Anggaran bukan hanya kata benda – tetapi suatu kata kerja. Ingat, tidak ada tip rahasia atau trik khusus untuk sukses dalam penganggaran; itu hanya membutuhkan waktu, latihan, dan juga suatu kedisiplinan. Tetap disipilin pada anggaran yang sudah anda buat, karena memang untuk itulah anggaran dibuat

Pada akhirnya, hampir setiap orang harus memiliki suatu pedoman keuangan. Anggaran adalah sukarela, cara proaktif dalam mengakui batas dan memutuskan mana uang yang harus dipakai dan bagaimana prioritas keuangan kita. Seiring waktu, Anda akan memeriksa jumlah mana yang masing kurang, bagaimana untuk memenuhi kebutuhan anda, dan apa yang terjadi jika kehabisan uang tunai pada akhir  bulan. Ini merupakan tujuan dan tanda keberhasilan anda- yaitu pergeseran perilaku yang lahir dari suatu pemahaman apa yang diperlukan untuk terpenuhinya perekonomian pribadi Anda sendiri. Selamat membuat anggaran!

iin3Endah Caratri/Managing Partner Financial, Accounting & Tax Services Vibiz Consulting/VMN/BL