Susi Pudjiastuti – Menteri Kelautan dan Perikanan

(Business Lounge – News & Insight)

Susi Pudjiastuti terpilih sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Kerja bentukan Jokowi-JK. Bukan kebetulan Susi diberikan kepercayaan ini, sebab pengusaha pemilik Susi Air ini telah berkecimpung di dunia maritim sebagai eksportir hasil-hasil perikanan. Susi lahir di Pangandaran, 49 tahun yang lalu.

Susi adalah pemilik dan Presdir PT. ASI Pudjiastuti Marine Product bergerak dibidang ekportir hasil-hasil perikanan. Selain itu ia juga pemilik penerbangan PT. ASI Pudjiastuti Aviation atau dikenal Susi Air. Pada awal tahun 2012, Susi Air memiliki armada 32 pesawat, dengan 180 pilot, diantaranya 175 pilot asing. Kemudian ia mengembangkan bisnis aviasinya dengan membuka sekolah pilot Susi Flying School melalui PT ASI Pudjiastuti Flying School.

Bermula pada tahun 2004, ia membeli pesawat Cessna Caravan yang dipakai untuk mengangkut lobster dan ikan hasil tangkapan para nelayan, kemudian bergerak menjadi pesawat sewa untuk tujuan Papua, Balikpapan, Jawa dan Sumatera.

Beberapa pengharagaan yang pernah diraihnya adalah Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat tahun 2004, Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia tahun 2005, Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005, Metro TV Award for Economics, Inspiring Woman 2005, Eagle Award 2006, dan Indonesia Berprestasi Award.

Tan Yoh/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: Business Lounge