Khofifah Indar Parawansa – Menteri Sosial

(Business Lounge – News & Insight)

Nama Dra. Khofifah Indar Parawansa sudah jauh-jauh hari terdengar akan menjadi salah satu menteri tim kerja Jokowi-JK. Berita tersebut ternyata kebenarannya pada Minggu (26/10). Tergabung dengan Kabinet Kerja, Khofifah terpilih untuk mengemban tugas sebagai Menteri Sosial untuk 5 tahun ke depan.

Nama Khofifah mulai terdengar di kancah nasional setelah ia membacakan pidato atas sikap Fraksi Persatuan Pembangunan (F-PP) dalam Sidang Umum MPR 1998. Pidato ini sangat monumental karena isinya yang mengkritik Orde Baru di ajang resmi selevel Sidang Umum MPR.

Khofifah lahir di Surabaya pada 49 tahun yang lalu. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan pada Kabinet Persatuan Nasional.

Meraih gelar sarjananya pada tahun 1990 dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga, Surabaya, Khofifah memulai karir politiknya sebagai Pimpinan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan DPR RI (1992-1997). Setelah itu beberapa jabatan yang pernah didudukinya sebagai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia ke-5 dan Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (1999-2001), Ketua Komisi VII DPR RI (2004-2006), Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa MPR RI (2004- 2006), dan Anggota Komisi VII DPR RI (2006).

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: Business Lounge