Alasan Apple Mac Tidak Pakai Layar Sentuh

(Business Lounge – Tech & Gadget)┬áBeberapa waktu lalu Apple telah meluncurkan dua iPad terbarunya, iPad Mini 3 dan iPad Air 2 di Cupertino, California. Sama seperti versi sebelumnya kedua iPad tersebut didesain dengan sistem touch screen atau layar sentuh.

Pada kesempatan yang sama, senior vice president Apple bidang software engineering, Craig Federighi berbicara juga mengenai iOS 8.1. Federighi mengatakan bahwa MacBook dan iMac besutan Apple akan tetap bertahan dengan layar yang ada saat ini. Mereka tidak tertarik untuk mengubah layar monitornya dengan sistem layar sentuh, seperti dilansir dari Cnet.

Mengapa Apple tetap bertahan dengan layar ‘klasik’ nya, sementara produsen komputer dan laptop seperti Dell, Asus, Acer dan lainnya berlomba-lomba menciptakan monitor dengan layar sentuh ?

Fredighi mengatakan bahwa teknologi layar sentuh hanya cocok untuk perangkat seperti iPhone dan iPad yang dengan mudah dapat digenggam. Sementara untuk iMac, MacBook dan komputer Apple lainnya teknologi ini kurang tepat. Agak canggung rasanya jika pengguna harus berkali-kali menyentuh layar untuk mengerjakan sesuatu di komputernya, dan ini bukanlah sesuatu yang nyaman.

Ketimbang membuat monitor berlayar sentuh atau touch screen, Apple lebih memilih untuk membuat track pad yang jauh lebih baik sehingga dapat digunakan dengan lebih nyaman dan santai.

Seperti kita ketahui, beberapa kali Apple telah melanggar apa yang diutarakannya kepada publik. Seperti pada tahun 2010 lalu, Steve Jobs pernah mengatakan bahwa tak ada seorang pun yang mau membeli ponsel dengan ukuran besar, karena akan sulit untuk digenggam. Namun hal ini dibantah dengan hadirnya iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang berukuran 5,5 inchi.

Apakah Apple akan konsisten dengan pernyataannya ini? kita lihat saja nanti.

W.Lubis/Journalist/VMN/BL
Editor: Lidia Wulan