Keramahan Pasukan Khusus Presiden Di Istana

(Business Lounge – News & Insight)

Pelantikan Presiden kali ini berbeda dengan pelantikan-pelantikan presiden sebelumnya. Bisa dikatakan perubahan besar karena belum pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya yang demikian fenomenal bagi bangsa Indonesia.

Masyarakat merasakan keceriaan, berduyun-duyun memenuhi jalan menuju Istana terlihat dari berbagai golongan mulai anak-anak sampai orangtua dan lanjut usia. Keceriaan dapat dirasakan oleh masyarakat yang memenuhi jalanan dan istana karena semua berlomba-lomba ingin berjumpa dengan sang kepala negara, banyak yang ingin mengambil bagian baik dalam mengisi acara sekalipun kondisi panas terik tetapi tidak menurunkan antusiasme masyarakat terhadap sang pemimpin bangsa ini.

Hal yang menarik dan terasa berbeda sekali mengenai pasukan pengawal presiden yang dahulu kita kenal sebagai pasukan yang disegani dan terkesan gahar. Menjadi pengawal presiden bukan pekerjaan gampang, dituntut kemampuan berupa fisik, mental, dan emosional yang mumpuni. Lebih dari itu, seorang pengawal presiden juga mesti memiliki jiwa pengabdian dan kesediaan berkorban demi keselamatan orang yang dikawalnya apalagi terhadap kepala negara.

Saat pelantikan presiden 20 Oktober, pasukan Paspampres mengunakan seragam khususnya terdapat titik di sekitar istana negara untuk mengamankan jalannya lepas sambut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo. Semua tampak ramah mengarahkan para tamu-tamu undangan, warga dan wartawan yang membedakannya, pasukan yang sekarang di pimpin oleh Brigjen Muhammad Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., Ph.D.

Terasa suasana istana bukan seperti kerajaan yang sulit ditembus dan penuh birokrasi tetapi yang dirasakan suasana istana milik rakyat, tidak sedikit warga yang berkata “baru pertama kalinya” menginjak istana tetapi semua disambut dengan ramah oleh pasukan paspampres.

Kerumunan banyak orang yang telah masuk pun mudah dikoordinasikan dan mereka menurut semua, perlahan meninggalkan lapangan istana dengan tenang dimana sebentar lagi bapak Jokowi akan segera menerima tamu kenegaraan Perdana Menteri Australia Tony Abott dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry.

Sampai dengan rangkaian acara selesai, semua tetap dalam keadaan aman dan terlihat warga senang dan penuh antusias sampai dengan malam hari.

Mark/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: Business Lounge