Pelantikan Jokowi vs Pelantikan Pimpinan Beberapa Negara

(Business Lounge – News & Insight)

Pelantikan pimpinan negara merupakan moment yang penting bagi  suatu bangsa. Setiap negara memiliki persiapan yang berbeda dan khusus. Kecintaan rakyat pada pemimpinnya juga akan terlihat dalam seluruh persiapan yang dilakukan. Di bawah ini merupakan sekilas sebagian moment pelantikan pimpinan di beberapa negara.

Indonesia

Saat yang dinantikan seluruh rakyat telah tiba hari ini. Joko Widodo dan Jusuf Kalla telah resmi dilantik sebagai presiden dan wakil presiden di gedung DPR/MPR. Penantian yang cukup panjang ini sudah menghadirkan juga banyak tamu negara. Terhitung kepala negara dan perwakilan dari 17 negara termasuk di dalamnya Perdana Menteri Australia Tony Abbott, Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry.

Sudah dikerahkan juga 24.000 tentara dan polisi untuk menjaga keamanan pada saat  pelantikan Joko Widodo dan wakil presiden Jusuf Kalla yang direncanakan akan dimulai pada pukul 10:00 WIB.

Setelah pelantikan di gedung DPR/MPR maka Jokowi akan  bertolak ke Bundaran Hotel Indonesia dan akan menuju Istana Negara dalam apa yang disebut dengan Kirab Budaya. Sukarelawan Jokowi sudah mempersiapkan  pesta rakyat yang diberi nama Syukuran Rakyat #Salam3Jari. Acara  ini diperkirakan akan dikunjungi ratusan ribu orang. Pesta rakyat akan dipusatkan di Lapangan Tugu Monumen Nasional (Monas). Syukuran ini lebih merupatakan rasa syukur seluruh rakyat atas berhasilnya Indonesia melalui proses demokrasi secara damai. Dalam acara ini untuk pertama kali Jokowi dalam kapasitasnya sebagai Presiden Indonesia

Pesta rakyat ini akan diakhiri dengan pelepasan lampion di berbagai tempat di Indonesia secara bersama-sama sejumlah 17.840 lampion.  Di Monas akan disebar sekitar 300 lampion dan sekitar 7.000 lampion akan dilepaskan di Taman Mini dan Ancol

Amerika Serikat

Ada sekitar 800.000 orang yang menghadiri upacara pelantikan presiden Obama yang pertama pada Januari 2009. Rating televisi Nielson menyebutkan bahwa 29.2% televisi di negara ini menyiarkan pelantikan ini. 44% televisi di Washington D.C. menyiarkan pelantikan Obama.

HBO mempersembahkan konser pelantikan, berjudul “We Are One”, di Lincoln Memorial tanggal 18 Januari 2009. Meliputi pertunjukan oleh Beyonce, Mary J. Blige, Jon Bon Jovi, Garth Brooks, Sheryl Crow, Renée Fleming, Caleb Green, Josh Groban, Herbie Hancock, Heather Headley, Bettye Lavette, John Legend, Jennifer Nettles, John Mellencamp, Pete Seeger, Shakira, Bruce Springsteen, James Taylor, U2, Usher, Will.I.am, dan Stevie Wonder. Konser ini gratis dan HBO menyiarkannya dalam feed terbuka, yang berarti bahwa siapapun dengan televisi kabel dapat menyaksikannya. Sekitar 400.000 menghadiri acara ini.

Jack Black, Steve Carell, Rosario Dawson, Jamie Foxx, Tom Hanks, Ashley Judd, Martin Luther King III, Queen Latifah, Laura Linney, George Lopez, Kal Penn, Marisa Tomei, Denzel Washington, Forest Whitaker, dan Tiger Woods membacakan cerita bersejarah. Washington Metro mencetak rekor untuk perjalanan Minggu tertinggi yaitu sampai 616.324, yang memecahkan rekor 540.945 perjalanan yang dilakukan pada 4 Juli 1999.

Tanggal 19 Januari, Michelle Obama dan Jill Biden membawakan acara “Kids’ Inaugural: We Are the Future” di Verizon Center. Miley Cyrus, Demi Lovato dan Jonas Brothers menghormati keluarga militer di konser tersebut. Acara ini disiarkan langsung di Disney Channel dan Radio Disney.  Partisipan selebriti lainnya meliputi Bow Wow, Corbin Bleu, Queen Latifah, Billy Ray Cyrus, Shaquille O’Neal, dan Jamie Foxx.

Selama empat malam perayaan pelantikan, bar-bar di District of Columbia akan dibolehkan buka hingga 4:00 pagi, lebih larut dari biasanya. Selain itu, restoran akan dibolehkan dibuka 24 jam sehari selama periode empat hari tersebut.

Korea Selatan

Park Geun-hye dilantik sebagai presiden perempuan pertama Korea Selatan pada bulan Februari 2013, dan upacara pelantikannya yang meriah tidak akan lengkap tanpa kehadiran bintang pop paling terkenal di negara itu: Psy. Sekitar 700 ribu warga Korea Selatan hadir di pelataran Majelis Nasional tiga jam sebelum acara dimulai.

Suasana hening pun terasa saat Gyeun-he dengan mengangkat tangan kanannya untuk mengucapkan sumpah jabatan sekitar pukul 11.15 waktu setempat. Korps musik militer Korea dan marching band menjadi musik latar ucapan selamat bagi resminya Gyeun-he menjabat sebagai pengganti Lee Myung-bak ini. Pengesahan ini ditandai dengan 21 dentuman meriam.

Sebelum Park mengambil sumpah nya, superstar Korea Selatan PSY menampilkan hit globalnya “Gangnam Style” di depan puluhan ribu orang. Anak-anak dan orang tua sama-sama bergabung dengannya dalam tarian gangnam yang membuatnya terkenal dalam video yang dia buat.

Dalam penampilannya di depan Majelis Nasional di Seoul, Psy muncul dalam versi yang lebih bersahaja dengan pakaian formal nya: tuksedo hitam ramping, kacamata hitam putih berbingkai, dan juga monokrom sepatu Oxford. Psy melakukan rap begitu antusias dengan lagu “Champion,” sebuah lagu upbeat yang mengatakan “Anda adalah seorang juara” yang membuatnya menjadi bintang nasional selama Piala Dunia Korea-Jepang  2002.

Selain itu  dalam pelantikan tersebut juga tampil soprano internasional ternama Sumi Jo, Gugak (musik tradisional Korea) Master Kim Duk-soo, artis pop veteran Insooni, pansori (opera Korea) penyanyi Ahn Sook-sun, dan komposer Yang Bang-ean, yang memamerkan rendition warna-warni dari lagu kebangsaan yang menampilkan melodi dari lagu rakyat “Arirang.”

Sebanyak 25 perwakilan negara dan tiga lembaga internasional menghadiri acara inagurasi ini.  Dihadiri satu pemimpin dunia perempuan lainnya, Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra. Penasihat Keamanan Nasional AS Tom Donilon, wakil presiden Indonesia Boediono dan Wakil Perdana Menteri Jepang Taro Aso juga hadir.

Belanda

Jutaan orang Belanda berpakaian oranye berbondong-bondong menghadiri perayaan di Belanda untuk menghadiri satu moment penting bagi negara Belanda atau yang sering dikatakan House of Orange-Nassau: Satu moment dimana setelah memerintah 33 tahun, Ratu Beatrix turun tahta dan digantikan oleh Putra tertua, Willem-Alexander.

Pada umur 46 tahun, Raja Willem-Alexander adalah raja termuda di Eropa dan raja Belanda pertama dalam 123 tahun, sejak Willem III meninggal pada tahun 1890. Popularitas Willem-Alexander telah terus meningkat sejak tahun 2002 pernikahannya dengan seorang rakyat biasa berasal dari Argentina, Maxima Zorreguieta.

Sekitar 25.000 pendukung memadati Amsterdam Central Dam Square di bulan Mei 2013, berharap untuk melihat sekilas raja baru atau beralihnya dari ratu 75-tahun, yang sekarang dikenal sebagai Putri Beatrix.

Jutaan lagi menonton di televisi ketika Raja Willem-Alexander bersumpah setia kepada negara dan konstitusi.Sebelumnya, raja baru terlihat mencengkeram tangan ibunya dan melihat sebentar ke matanya setelah keduanya menandatangani dokumen pelepasan di Istana Kerajaan di Dam Square.

Beberapa saat kemudian, pergeseran generasi diberlakukan secara simbolis. Beatrix meninggalkan balkon sementara Raja Willem-Alexander, istri dan tiga anak perempuannya melambaikan tangan kepada orang banyak.

Arum/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: Antara