Zuckerberg Sambangi Indonesia Untuk Internet.org

(Business Lounge – News & Insight) Para pengunjung Candi Borobudur Minggu (12/10) dihebohkan dengan kedatangan Mark Zuckerberg ke obyek wisata di Jogjakarta ini. Zuckerberg pun mengunggah foto pribadinya ketika sedang berada di puncak Candi Borobudur.

“I just arrived in Indonesia and hiked up Borobudur to watch the sunrise. Tomorrow for Internet.org I’m looking forward to meeting with developers, operator partners and government leaders in Jakarta.” Demikian berita yang dituliskannya pada halaman facebooknya.

mark zukcerberg

Senin (13/10), Zuckerberg pun bertemu dengan presiden terpilih Joko Widodo di di kantor Gubernur DKI Jakarta. Dalam pertemuan tersebut Jokowi dan Zuck berbicara mengenai pemanfaatan FB agar dapat berbicara dengan masyarakat. Jokowi juga mengisahkan bagaimana penggunaan FB saat kampanye Pilpres berlangsung baru-baru ini. Usai pertemuan tersebut, Jokowi bersama dengan Zuckerberg mengunjungi Blok A Pasar Tanah Abang.


Gubernur DKI Jakarta sekaligus Presiden Terpilih Joko Widodo (kanan) bersama CEO Facebook Mark Elliot Zuckerberg (kiri) meninggalkan Balai Kota usai mengadakan pertemuan di Balai Kota, Jakarta, Senin (13/10).

Gubernur DKI Jakarta sekaligus Presiden Terpilih Joko Widodo (kiri) bersama CEO Facebook Mark Elliot Zuckerberg (kanan) blusukan ke pasar Tanah Abang, Jakarta, Senin (13/10).

Internet.org

Zuckerberg memang sedang dalam program kunjungannya ke beberapa negara dalam rangka memperkenalkan program internet.org. Zuck pun sempat mengunjungi India pada pekan lalu untuk program yang sama.

Internet.org merupakan suatu program yang akan memungkinkan daerah tertinggal dapat mengakses layanan online dasar. Dengan internet.org ini maka diharapkan desa-desa kecil dapat saling terhubungkan. “Kami percaya bahwa konektivitas merupakan hak asasi manusia dan salah satu tantangan mendasar bagi generasi kita,” demikian diucapkan Zuckerberg dalam kunjungannya ke India seperti dilansir oleh AFP.

Indonesia merupakan salah satu negara yang ada pada data Zuck selain India, Filipina, Zambia, Tanzania dan beberapa Negara lainnya. Penduduk Indonesia dengan jumlah seperempat miliar adalah sasaran yang bagus untuk mengembangkan internet.

Zuck membantah tuduhan bahwa ia telah berusaha untuk menciptakan monopoli dalam akses online di Negara-negara berkembang, operator seluler bebas untuk memutuskan layanan yang akan mereka ikutsertakan, dan tidak harus menyertakan Facebook. Facebook telah meluncurkan aplikasinya di Zambia pada awal tahun ini bekerja sama dengan Samsung dan mitra lainnya. Aplikasi yang kemudian akan diluncurkan di India tidak akan sama dengan aplikasi yang telah diluncurkan di Zambia.

Jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 82 juta orang dari seperempat miliar total penduduk, dengan kata lain mencapai 32% seperti data yang dirilis kominfo. Facebook memang telah membawa pengaruh significant untuk membawa masyarakat menuju melek internet.

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: Antara