Kamera Khusus Selfie-Gebrakan Baru Bisnis HTC

(Business Lounge-Business Insight)-Siapa yang tak menyukai selfie? Pertanyaan yang cukup sulit dijawab mengingat bahwa hampir semua orang saat ini tengah mengalami demam selfie. Merespon akan fenomena baru ini maka produsen smartphone HTC Corp awal tahun ini tengah menyusun rencana produk baru bagi para penggila selfie.

Dalam rangka ini maka seperti dirilis oleh The Wall Street Journal, Wakil Presiden perusahaan Jerry Hsiao menggelar beberapa riset. Diketahui secara pasti, Jerry Hsiao memakai salah satu artikel dari Daily Mail tentang Perempuan Inggris menghabiskan satu bulan dalam hidupnya untuk selfie dalam slideshow PowerPoint untuk risetnya. Walaupun dengan setengah bercanda saat membahas artikel ini dalam presentasinya tapi kenyataan di lapangan menunjukkan artikel ini memuat fakta sebenarnya.

Hampir semua kalangan saat ini menyukai aktivitas foto diri sendiri menggunakan smartphone atau gadget sejenis. Hobi baru masyarakat dunia ini dilihat sebagai peluang emas bagi HTC. Perusahaan berharap  dapat menciptakan produk baru untuk mengkomodir kebiasaan baru ini dan tentu saja dapat meningkatkan pendapatan perusahaan yang sudah lama alami penurunan.

HTC sendiri pernah terkenal sebagai  produsen smartphone teratas dunia dari segi volume pada tahun 2011.  Sejauh ini HTC memilih fokus pada piranti keras seperti ponsel namun kini dengan produk barunya maka HTC melakukan pergeseran dalam arah bisnisnya yaitu dengan mulai memproduksi kamera.

Menyambut baik riset Jerry Hsiao. Akhirnya pekan lalu, bertempat di New York, HTC meluncurkan kamera tahan air dan software khusus memotret diri sendiri atau selfie. HTC juga merilis smartphone yang dirancang khusus untuk selfie guna meningkatkan popularitas brand Desire, smartphone HTC diketahui dibandrol dengan harga terjangkau.

Sebagai data maka tahun lalu, HTC keluar dari daftar 10 brand ponsel pintar teratas dunia berdasarkan pengiriman, lantaran brand awareness HTC lemah. Selain itu, HTC dihadapkan pada ketatnya persaingan dengan raksasa smartphone Korea Selatan, Samsung Electronics Co, di segmen smartphone premium.

Sementara di segmen seperti Xiaomi di smartphone murah mereka juga harus berkompetisi dengan Xiaomi, produk perusahaan Tiongkok. Olehh karena itu besar harapan perusahaan bahwa strategi ini  dapat memacu penjualan HTC yang alami penurunan dalam tiga tahun terakhir ini.

Melalui rilis data perusahaannya maka bulan ini, HTC mengumumkan bahwa pendapatan kuartal III turun 11% menjadi 41,86 miliar dolar New Taiwan, jika dibandingkan dengan pendapatan NT$47 miliar setahun sebelumnya. Selain itu, dalam 12 kuartal terakhir, penjualan HTC year-over-year jatuh. Namun, akibat penghematan maka perusahaan kembali mencetak laba bersih.

Direktur keuangan HTC, Chialin Chang mengatakan perusahaan berharap produk kamera khusus untuk selfie ini akan membantu penjualan kembali meningkat pada triwulan berikutnya.

Gambaran Produk Baru HTC

Lalu seperti apakah kedua produk ini? Kamera khusus selfie akan dirilis dengan nama Re Camera seharga $199 adalah kamera berbentuk tabung ramping yang dapat dipasangkan ke tas punggung, sepeda, atau dipakai di bawah air. Ini menjadi produk baru pertama HTC di luar smartphone setelah pada tahun 2011 meluncurkan komputer tablet. Kamera ini memiliki bobot 70 gram.

HTC juga akan merilis aplikasi slideshow gratis bernama Zoe bagi peranti  bersistem operasi Android (Google Inc) atau iOS (Apple Inc). Sementara itu, aplikasi selfie HTC Eye dilengkapi fitur pengambilan foto yang teraktivasi suara dan video chat yang menjaga wajah pengguna tetap di tengah layar bahkan saat sedang berjalan. Aplikasi selfie ini nantinya juga akan tersedia gratis bagi pengguna smartphone non-HTC.

Sementara produk baru  smartphone HTC yang bernama Desire Double Eye akan dihargai sekitar $450-$500.  Smartphone ini dilengkapi kamera depan dan belakang 13 megapiksel serta layar 5,2 inci.

 

Febe/Journalist/VM/BL
Editor: Tania Tobing
Image: HTC