Pencarian Pesawat MH370 Yang Hilang Dimulai Kembali

(Business Lounge – World News) – Pencarian Penerbangan  Malaysia Airlines MH370 sudah memasuki babak baru kemarin dengan dimulainya kembali pencarian di bawah air untuk pesawat tersebut, demikian disampaikan kata para pejabat.

Sampai saat ini para ahli telah berkonsentrasi pada pemetaan dasar laut di selatan Samudera India,  zona tempat diperkirakannya  pesawat yang membawa 239 orang tersebut jatuh pada bulan Maret lalu.

Kapal GO Phoenix Malaysia yang telah dikontrak kini telah tiba di daerah tersebut dan mulai bekerja menscan dasar laut untuk pesawat yang hilang, kata Biro Keamanan Transportasi Australia. “Kapal GO Phoenix, dengan peralatan dan tenaga ahli yang disediakan oleh Phoenix International, telah tiba di daerah pencarian di Samudera Hindia selatan, dan memulai operasi pencarian di bawah air,” katanya.

Australia telah menjadi ujung tombak penyelidikan untuk pesawat ini yang diyakini tenggelam di dalam laut setelah secara misterius menghilang dalam perjalanannya dari Kuala Lumpur ke Beijing dan juga kehabisan bahan bakar. Pencarian MH370 semakin membuat frustrasi oleh karena kurangnya data yang solid tentang jam-jam terakhir jet dan daerah yang begitu luas dimana sebagian besar belum diselidiki yaitu di tempat yang dipercaya disitulah pesawat tersebut jatuh.

Setelah pencarian udara dan pencarian pada permukaan laut besar gagal untuk menemukan tanda-tanda dari Boeing 777-200, dan penyelidikan bawah laut juga datang dengan tangan kosong, para ahli menganalisa transmisi satelit dari pesawat untuk menentukan daerah yang terbaik untuk melakukan mencari pesawat.

Pihak berwenang Australia mengatakan bahwa mereka “optimis” bahwa pesawat akan ditemukan dalam zona pencarian yang sudah ditentukan, walaupun prosesnya bisa memakan waktu hingga satu tahun.

Arum/Journalist/VM/BL
Editor: Iin Caratri