Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kedua kanan) mengenakan bahan batik kepada Wakil Presiden Terpilih Jusuf Kalla (kedua kiri) beserta Istri Mufidah Jusuf Kalla (kiri), disaksikan pemilik Pasaraya Abdul Latief (kanan) usai meresmikan acara Tribute
Jokowi – JK, Hari Batik Nasional : Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kedua kanan) mengenakan bahan batik kepada Wakil Presiden Terpilih Jusuf Kalla (kedua kiri) beserta Istri Mufidah Jusuf Kalla (kiri), disaksikan pemilik Pasaraya Abdul Latief (kanan) usai meresmikan acara Tribute to Batik di Pasaraya Blok M, Jakarta, Kamis (2/10). Acara yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional dengan tema Pasar Klewer Pindah ke Jakarta tersebut sebagai bentuk penghargaan tertinggi untuk karya seni batik Indonesia yang kini telah mendunia. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja.

Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kiri) bersama Pemilik Pasaraya Abdul Latief (kanan) menunjukkan batik motif Jokowi pada peresmian acara Tribute to Batik di Pasaraya Blok M, Jakarta, Selasa (10/2).
Batik Motif Jokowi : Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi (kiri) bersama Pemilik Pasaraya Abdul Latief (kanan) menunjukkan batik motif Jokowi pada peresmian acara Tribute to Batik di Pasaraya Blok M, Jakarta, Kamis (2/10). Acara yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional dengan tema Pasar Klewer Pindah ke Jakarta tersebut sebagai bentuk penghargaan tertinggi untuk karya seni batik Indonesia yang kini telah mendunia. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja.

Puteri Indonesia 2014, Elvira Devinamira memperlihatkan hasil batikannya dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional, di Pendopo Living
Puteri Indonesia 2014 Membatik : Puteri Indonesia 2014, Elvira Devinamira memperlihatkan hasil batikannya pada peringatan Hari Batik Nasional, di Pendopo Living World, Serpong, Tangerang Selatan. Warga Tangerang Selatan cukup antusias dalam memperingati Hari Batik Nasional yang diperingati 2 Oktober setiap tahunnya, ditandai dengan banyaknya warga yang mengenakan batik hari ini. ANTARA FOTO/Arie Wahyudi.

Wadirut BNI Felia Salim (kiri) didampingi Direktur Jaringan & Layanan Adi Setianto (ketiga kiri) memberikan kain batik kepada nasabah di kantor pusat BNI, Jakarta
Kejutan Batik – Nasabah BNI : Wadirut BNI Felia Salim (kiri) didampingi Direktur Jaringan & Layanan Adi Setianto (ketiga kiri) memberikan kain batik kepada nasabah di kantor pusat BNI, Jakarta, Kamis (2/10). Dalam rangka Hari Batik Nasional, BNI memberikan kejutan kepada nasabah yang berpakaian batik sebagai bentuk apresiasi BNI untuk melestarikan warisan budaya bangsa dan pengembangan industri kreatif. ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo.

Sejumlah siswi Sekolah Menegah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) memperagakan busana batik khas Kediri karya desainer-desainer batik Kediri di pinggir jalan raya Badas, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis (2/10).
Peragaan Batik Kediri : Sejumlah siswi Sekolah Menegah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) memperagakan busana batik khas Kediri karya desainer-desainer batik Kediri di pinggir jalan raya Badas, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis (2/10). Peragaan batik tersebut sengaja digelar di pinggir jalan untuk mengenalkan motif batik khas Kediri dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional. ANTARA FOTO/Rudi Mulya.

Sejumlah model memperagakan busana batik dalam "Fashion Show On The Street" di jalan S. Parman, Malang, Jawa Timur,
Peragaan Batik Jalanan : Sejumlah model memperagakan busana batik dalam “Fashion Show On The Street” di jalan S. Parman, Malang, Jawa Timur, Kamis (2/10). Peragaan busana batik untuk memperingati Hari Batik Nasional tersebut merupakan upaya mengenalkan corak dan motif batik khas Jawa kepada masyarakat pengguna jalan. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto.

Sejumlah ibu-ibu rumah tangga dan remaja putri mengikuti kursus membatik di Rumah Batik Suminar, Desa Sekoto, Kecamatan Badas, Kediri, Jawa Timur,
Kursus Membatik : Sejumlah ibu-ibu rumah tangga dan remaja putri mengikuti kursus membatik di Rumah Batik Suminar, Desa Sekoto, Kecamatan Badas, Kediri, Jawa Timur, Kamis (2/10). Sebanyak 100 peserta mengikuti kursus gratis membatik dalam rangka pembinaan masyarakat produktif dan memperingati Hari Batik Nasional. ANTARA FOTO/Rudi Mulya.

Perajin sedang menyelesaikan sisa garapan batik  produksi batik, di Bendogerit, Blitar, Jawa Timur, Kamis (2/10).
Perajin Batik : Perajin menyelesaikan sisa garapan batik produksi batik, di Bendogerit, Blitar, Jawa Timur, Kamis (2/10). Industri batik rakyat terancam kesulitan produksi untuk memenuhi pesanan karena langkanya bahan baku kain mori dan harganya juga naik sekitar 10% karena nilai tukar dolar terhadap rupiah tidak stabil. ANTARA FOTO/Sahlan Kurniawan.

Perajin menyelesaikan pembuatan pola batik jenis "Philodendron" atau Daun Philo di sentra perajin batik suminar di Desa Sekoto, Kabupaten Kediri, Jawa Timu
Pola Batik Daun Philo : Perajin menyelesaikan pembuatan pola batik jenis “Philodendron” atau Daun Philo di sentra perajin batik suminar di Desa Sekoto, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis (2/10). Pengusahan kain batik mengaku tidak bisa memenuhi banyaknya pesanan kain batik karena terkendala kurangnya tenaga perajin untuk proses pembatikan. Pengusaha kain batik saat ini kesulitan mencari remaja khusunya perempuan yang memiliki keahlian membatik karena para remaja tersebut lebih memilih bekerja sebagai buruh pabrik atau menjadi TKI di luar negeri dari ada membatik. ANTARA FOTO/Rudi Mulya.

Sejumlah perajin menyelesaikan pembuatan batik tulis di sentral pembuatan batik Cigeureng, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (2/10).
Batik Tulis Tasikmalaya : Sejumlah perajin menyelesaikan pembuatan batik tulis di sentral pembuatan batik Cigeureng, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (2/10). Batik Indonesia dinilai sarat dengan teknik, simbol, dan budaya yang tidak lepas dari kehidupan masyarakat. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi.

Sejumlah ibu dan remaja putri mengikuti pelatihan pembuatan batik di sentra perajin batik khas Kediri di kawasan Sekoto, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis (2/10).
Pelatihan Membatik : Sejumlah ibu dan remaja putri mengikuti pelatihan pembuatan batik di sentra perajin batik khas Kediri di kawasan Sekoto, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis (2/10). Ratusan ibu rumah tangga dan remaja putri dari berbagai perwakilan Kelurahan di wilayah Kediri mengikuti pelatihan membuat batik tulis dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional. ANTARA FOTO/Rudi Mulya.

Pembatik membatik bersama pada Pemecahan Rekor MURI kategori Batik Terpanjang di Alun-Alun Utara, Yogyakarta, Kamis (2/10).
Rekor MURI Batik Terpanjang : Pembatik membatik bersama pada Pemecahan Rekor MURI kategori Batik Terpanjang di Alun-Alun Utara, Yogyakarta, Kamis (2/10). Batik sepanjang 3000 meter yang dibatik oleh 3000 pembatik dan memecahkan rekor MURI untuk kategori Batik Terpanjang tersebut dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober. ANTARA FOTO/Noveradika.

Pengunjung memilih kain batik khas Kabupaten Ngawi bermotif purba pada Pameran Investasi, Perdagangan, dan Pariwisata Indonesia di Semarang, Jateng, Kamis (2/10).
Ragam Batik Ngawi : Pengunjung memilih kain batik khas Kabupaten Ngawi bermotif purba pada Pameran Investasi, Perdagangan, dan Pariwisata Indonesia di Semarang, Jateng, Kamis (2/10). Pameran yang menampilkan beragam produk unggulam UMKM dan potensi daerah itu akan berlangsung hingga 5 Oktober mendatang. ANTARA FOTO/R. Rekotomo.

Pengunjung mengamati kain kebaya dan songket khas Bali pada Pameran Investasi, Perdagangan, dan Pariwisata Indonesia di Semarang, Jateng, Kamis (2/10).
Kebaya dan Songket Bali : Pengunjung mengamati kain kebaya dan songket khas Bali pada Pameran Investasi, Perdagangan, dan Pariwisata Indonesia di Semarang, Jateng, Kamis (2/10). Pameran yang menampilkan beragam produk unggulam UMKM dan potensi daerah itu akan berlangsung hingga 5 Oktober mendatang. ANTARA FOTO/R. Rekotomo.

Sejumlah murid belajar membatik di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tanah Tinggi 1, Tangerang, Banten
Siswa SD Membatik : Sejumlah murid belajar membatik di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tanah Tinggi 1, Tangerang, Banten, Kamis (2/10). Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang bertujuan untuk mengajak para pelajar untuk menjaga kelestarian kesenian batik di Indonesia sejak usia dini. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga.

Pemilik Batik Bogor Tradisiku (BBT), Siswaya menunjukkan batik Bogor motif Kebun Raya Bogor saat peluncuran
Batik Bogor Tradisiku : Pemilik Batik Bogor Tradisiku (BBT), Siswaya menunjukkan batik Bogor motif Kebun Raya Bogor saat peluncuran di galeri BBT, Tanah Sareal, Kota Bogor, Jabar, Kamis (2/10). Peluncuran batik motif Kebun Raya Bogor yang bertepatan dengan Hari Batik Nasional tersebut menjadi ciri khas batik Bogor untuk dijual kepada wisatawan yang berkunjung ke Bogor. ANTARA FOTO/Jafkhairi.

Dua anak bermain antara tembok gang yang dilukis motif batik di kampung batik Pal Batu, Tebet, Kamis (2/10).
Kampung Batik : Dua anak bermain diantara tembok gang yang dilukis motif batik di kampung batik Pal Batu, Tebet, Jakarta, Kamis (2/10). Hari Batik Nasional merupakan pengukuhan UNESCO bahwa batik Indonesia menjadi warisan Budaya Tak Benda peninggalan budaya dunia, yang ditetapkan tanggal 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi. ANTARA FOTO/Paramayuda.

kn/KN/VMN/bl

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.