Passport Indonesia Ada di Peringkat ke-72

(Business Lounge – News & Insight) Bagi Anda pemegang passport Indonesia, Anda harus cukup puas berada di peringkat ke-72 di dunia yang berarti Anda dapat bebas masuk tanpa visa atau juga dengan visa on arrival pada 56 negara di dunia. Hal ini dapat menjadi bekal bagi Anda untuk menentukan ke mana Anda hendak melakukan perjalanan jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengurus visa Anda.

Selain negara-negara di Asia Tenggara maka Anda dapat mulai berpikir untuk mengunjungi Hong Kong, Morocco (Afrika Barat), Peru (Amerika Selatan),  Saint Vincent and the Grenadines (Eropa), Northern Cyprus atau Equador dan beberapa negara lainnya.

Dibandingkan dengan negara-negara yang berada pada peringkat pertama yaitu Finlandia, Swedia, Jerman dan Inggris, maka pemegang passport dari negara-negara ini dapat mengakses 174 negara dengan bebas VISA atau pun VISA on arrival. Jumlahnya lebih dari tiga kali negara-negara yang bisa diakses oleh pemegang passport Indonesia.

Namun demikian hal ini jangan membatasi keinginan Anda untuk melakukan hobi travelling Anda. Sebab negara-negara yang dapat Anda akses tetap dapat memberikan tempat-tempat berpetualang yang seru bagi Anda.

Peringkat passport ini dikeluarkan oleh Henley & Partners, sebuah perusahaan konsultan internasional yang menangani masalah-masalah domisili dan kewarganegaraan di dunia.

Berikut beberapa peringkat yang dikeluarkannya:

Passport Rank

“Persyaratan untuk memperoleh visa terus memainkan peran penting dalam mengendalikan pergerakan individu di dunia,” kata Dr Juerg Steffen, Head of Asia Pacific di Henley dan Mitra. “Kebijakan Visa juga merupakan ekspresi hubungan antara negara-negara individu dan pada umumnya mencerminkan hubungan dan status negara dalam masyarakat internasional,” tambahnya.

uthe/Journalist/VMN/BL

Editor: Ruth Berliana

Image: wikipedia