GM Menunjuk Massimilla Sebagai Kepala Keamanan Cyber GM

(Business Lounge – Business Today) – General Motors(GM) telah mengumumkan teknisi yang akan menduduki posisi sebagai kepala cybersecurity yang pertama di perusahaan tersebut. Jeff Massimilla akan menempati posisi tersebut. Massimilla sebelumnya menjabat sebagai director of global validation and engineering group manager di GM. Pada posisi baru tersebut, Massimilla akan berkoordinasi dengan Ken Morris selaku vice president GM untuk global product integrity.

Dengan semakin banyaknya kendaraan yang terintegrasi dengan komputer maka risiko kendaraan tersebut untuk dipengaruhi oleh hacker akan semakin besar. Dengan tujuan untuk mencegah risiko tersebut serta memberikan keunggulan kompetitif bagi GM, maka perusahaan tersebut memutuskan untuk membentuk divisi baru tersebut. Menurut pernyataan dari GM, perusahaan tersebut telah melakukan reorganisasi dan perubahan fundamental dalam merubah desain dan teknik dari produk mereka dilansir dari Reuters.

Para peneliti keamanan dalam beberapa tahun belakangan ini telah menemukan kekurangan dalam sistem kendaraan bermotor yang terintegrasi dengan komputer. Sebuah grup non-profit yang bernama “I am The Calvary” telah menyarankan kepada para pembuat kendaraan bermotor untuk mengadopsi program five part cyber safety untuk membuat produk-produk mereka tidak rentan untuk diserang oleh para hackers.

Dengan kondisi tersebut maka dapat diperkirakan tren dari para pabrikan kendaraan bermotor akan mulai memperhatikan keamanan cyber dari produk kendaraan bermotor mereka. Sehingga unit keamanan produk tidak hanya dari sisi hardware saja akan tetapi dari sisi software produk mereka.

Afif Bahar/Analyst Vibiz Media Network/BL
Editor : Iin Caratri