Metode Service Berdasarkan Karakter Klien

(Business Lounge – Present Your Service) Manusia memiliki karakter yang beraneka ragam. Pada umumnya, ada 4 karakter manusia yang berbeda, yaitu promotor, goal getter, analytical, dan people pleasure. Keempat karakter yang berbeda ini, memiliki ciri khas tersendiri dan memiliki kekuatan dan kelemahan tersendiri. Mempelajari karakter tiap manusia bukanlah untuk tujuan yang negative, tetapi dapat memperkaya kemampuan kita agar dapat melakukan service dengan baik kepada berbagai klien kita yang memiliki karakter yang berbeda-beda .

Berikut akan dibahas mengenai empat karakter yang berbeda dan metode service yang cocok kepada setiap orang menurut karakternya :

Promotor

Orang yang bersifat promotor biasanya bersifat flamboyan dan memiliki kreativitas yang tinggi. Biasanya mereka berpikir secara luas atau helicopter view, tetapi kelemahan dari orang yang memiliki karakteristik ini adalah orangnya cepat merasa bosan dan cenderung tidak fokus kepada pekerjaannya. Mereka juga orang yang memiliki kecenderungan untuk banyak bicara tetapi sedikit realisasi. Orang-orang seperti ini memiliki kecenderungan untuk menginginkan pujian dan pengakuan dari masyarakat luas.

Metode service yang cocok bagi klien yang bersifat promotor seperti ini adalah dengan memberikan pujian kepada orang tersebut dan melakukan pendekatan dengan cara personal. Pendekatan personal yang dilakukan adalah dengan menciptakan pembicaraan yang membuatnya merasa nyaman dan dihargai seperti tanyakan mengenai kesehatannya dan dengarkanlah setiap pembicaraan yang ia lakukan sebagai tanda keperdulian kita.

Kalaupun kita tidak menyukai akan hal yang dibicarakannya, usahakan untuk tetap mau mendengarkan pembicaraannya, karena orang yang memiliki karakter promotor akan merasa tersinggung jika pembicaraannya tidak digubris dan terkadang bahkan ia bisa menjadi sakit hati kepada kita. Ketika kita mau untuk mendengarkan seluruh pembicaraannya, ia akan merasa bahwa service yang kita berikan sangat memuaskan dan biasanya klien tersebut akan menjadi loyal kepada kita.

Goal Getter

Orang yang memiliki karakter goal getter adalah orang yang berjuang keras untuk mendapatkan apa yang menjadi keinginannya. Orang yang memiliki karakter goal getter biasanya memiliki ambisi yang tinggi dan fokus kepada apa yang diinginkannya. Kelemahan dari orang yang memiliki karakter goal getter adalah tidak memiliki empati kepada orang lain.

Metode service yang cocok bagi klien yang bersifat goal getter adalah dengan menjelaskan langsung secara to the point kepada mereka. Usahakan untuk menghindari pembicaraan yang bersifat basa-basi dan langsung tanyakan kebutuhan intinya. Jangan pernah membicarakan suatu hal secara berulang-ulang atau tidak fokus kepada masalah, karena orang yang memiliki karakter goal getter akan merasa service yang kita berikan merupakan hal yang buruk jika kita tidak fokus kepada pembicaraan yang ada.

Analytical

Orang yang memiliki karakter analytical adalah orang yang begitu teliti dalam mengerjakan segala sesuatunya. Biasanya, orang seperti ini adalah tipikal orang yang menginginkan keamanan sehingga ia akan melakukan segala sesuatunya dengan serba teliti dan berulang-ulang karena mereka ingin memastikan agar segala sesuatunya aman dan sempurna. Kelemahan dari orang yang memiliki karakter ini adalah orang seperti ini biasanya sangat lambat dalam mengambil keputusan, karena orang seperti ini benar-benar ingin memastikan bahwa ia pasti akan berada dalam keadaan yang aman.

Metode service yang tepat dilakukan pada klien yang memiliki karakter analytical adalah dengan terus menerus meyakinkan bahwa service yang kita lakukan akan memberikan keamanan penuh kepadanya. Bahkan jika perlu, kita mengulangi secara berkali-kali keterangan mengenai keamanan dari service yang kita lakukan kepadanya. Ketika ia merasa yakin akan keamanan dari service yang kita lakukan, maka ia akan menjadi klien yang loyal kepada kita.

People Pleasure

Orang yang memiliki karakter ini adalah orang yang suka menyenangkan hati orang lain. Biasanya orang yang memiliki sifat seperti ini senang membuat orang lain merasa terhibur dengan apa yang dilakukannya. Di sisi lain, orang yang memiliki karakter ini terkadang bersifat sangat melankolis namun memiliki empati yang tinggi. Kelemahan dari orang seperti ini adalah tidak memiliki pendirian yang kokoh dan gampang terbawa suasana hati.

Metode service pada tipikal ini adalah dengan cara menciptakan pembicaraan dan suasana yang ringan agar ia merasa dihargai. Dalam memberikan service kepada klien yang seperti ini, tidak ada salahnya Anda sesekali mengucapkan lelucon segar agar ia merasa service kita memuaskan. Jika ia adalah orang yang gemar bergurau, tunjukkan bahwa Anda memberikan respon positif atas gurauannya, sehingga ia merasakan bahwa ia dihargai dan akan menjadi loyal kepada kita.

ZefanyaZefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL