Mengelola Marketing Database Secara Maksimal

(Business Lounge – Dominate The Market) Dalam dunia marketing, database merupakan harta yang sangat berharga dan menjadi tulang punggung keberhasilan seorang salesperson. Database sangat mempengaruhi keberhasilan kita dalam melakukan penjualan karena itu database harus dikelola secara maksimal dan digunakan sebaik mungkin. Sebelum kita melakukan penjualan maka kita harus menentukan segmen dari pasar yang kita inginkan. Hal ini akan menentukan database yang akan kita pakai. Tentu saja kita tidak akan memakai sembarang database, kita akan memperhatikan segmen pasar yang kita inginkan sehingga kita akan mengusahakan untuk mendapatkan database sesuai segmen pasar yang kita inginkan. Karena itu langkah pertama yang kita lakukan sebelum kita mengolah sebuah database adalah kita pastikan bahwa database yang kita miliki adalah database yang sesuai dengan segemen pasar yang kita inginkan. Anda mungkin saja memiliki sangat banyak database tetapi Anda harus tahu segmen dari tiap-tiap database tersebut apakah sudah sesuai dengan target Anda.

Setelah kita tahu ruang lingkup database yang akan kita olah, maka kita dapat mengusahakan secara maksimal supaya setiap database yang kita miliki berhasil untuk kita prospek. Dalam hal ini tentu saja diperlukan kerja keras dan usaha yang maksimal untuk memfu setiap database yang ada. Keberhasilan Anda bukan diukur dari banyaknya database yang Anda miliki, tetapi sangat dipengaruhi oleh kualitas dari database yang Anda miliki. Database yang banyak tetapi tidak tersegmen akan menjadi database biasa dan tidak akan menjadi suatu keberhasilan bagi Anda.

Kualitas sebuah database merupakan salah satu faktor penentu yang akan mempengaruhi keberhasilan seorang marketing. Dari satu saja database yang potensil, Anda dapat menggali banyak potensi dan keuntungan jika Anda dapat mengelola database tersebut secara maksimal. Karena itu, seorang marketing, tidak hanya dapat menguasai product knowledge tetapi juga dengan cerdas dapat mengelola setiap database yang dimiliki secara maksimal. Ada banyak potensi yang bisa dikembangkan dan dapat terbentuk sebuah jaringan bisnis yang luas melalui setiap database yang Anda miliki dan tentu saja ini akan memberikan keuntungan dan banyak kemudahan yang akan Anda peroleh. Baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.  Anda harus dapat memandang bahwa setiap database yang Anda miliki adalah sumber keuntungan besar untuk Anda dan merupakan asset yang sangat berharga untuk Anda dan bisnis Anda selanjutnya. Anda harus dapat melihat banyak peluang yang dapat Anda maksimalkan dari setiap data yang Anda miliki. Karena itu Anda harus memiliki inisiatif dan kreatifitas sehingga setiap database yang Anda miliki dapat Anda kelola dengan baik dan menghasilkan banyak peluang bisnis untuk Anda. Ingatlah bahwa peluang dan kesempatan itu dapat datang begitu saja tetapi dapat juga kita usahakan sendiri.
Disinilah peranan seorang salesperson untuk dapat menciptakan banyak peluang yang akan menguntungkan dirinya dari setiap database yang ia miliki. Jangan pernah menyerah ketika seseorang menolak Anda, jangan putus asa untuk terus dapat menggali potensi orang tersebut , berpikirlah untuk menggunakan ratusan cara yang lain sehingga Anda dapat membuat setiap database Anda menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan menguntungkan bagi Anda. Sebaliknya, jangan pernah puas dengan satu keberhasilan yang sudah Anda peroleh hari ini. Ingatlah bahwa masih banyak kesempatan yang dapat Anda ciptakan dan keberhasilan yang dapat Anda raih jika Anda mau mengelola database Anda dengan maksimal. Contohnya jika dari seseorang pengusaha Anda dapat menjalin sebuah kerjasama di bidang property misalnya, galilah lagi potensi klien Anda tersebut , sehingga tidak hanya Anda dapat bekerja sama dalam bidang property, tetapi banyak lagi yang dapat Anda kembangkan, misalkan mungkin klien And amemiliki keahlian yang lain di bidang management, sumber daya manusia atau yang lainnya. Mulailah untuk melihat satu orang memiliki banyak potensi yang dapat Anda gali, bahkan bukan hanya dari satu orang tetapi bayangkan ikalau klien Anda memiliki komunitas atau jaringan yang akan mempertemukan Anda kepada lebih banyak lagi klien yang berpotensi.

Karena itu, maksimalkanlah setiap database yang Anda miliki dan kembangkan terus diri Anda dengan menggalinya. Lihatlah banyak peluang yang dapat Anda raih dan kesempatan yang semakin terbuka di depan Anda.

Vera Indriani/Contributor/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana