iPhone 6 Atau iPhone 6 Plus, Mana Lebih Laris?

(Business Lounge – Tecg & Gadget) Apple memang telah resmi merilis dua model iPhone terbarunya yaitu iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, dan ternyata hal tersebut langsung disambut baik. Bahkan hanya dalam waktu 24 jam saat pembukaan masa pre-order, Apple telah mencatatkan rekor penjualan sebanyak 4 juta unit yang membuat stok untuk pre-order perangkat terbaru Apple tersebut habis.

Namun memang angka tersebut bukanlah mutlak milik iPhone 6 saja, tapi angka tersebut merupakan gabungan antara iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Dari sekian banyak laporan menempatkan iPhone 6 yang paling laris oleh karena kelangkaannya di pasaran, tapi hal itu belum bisa dijadikan acuan karena memang keterbatasan stok iPhone 6. 

Seperti yang dilansir dari TechTimes, MixPanel mampu mengumpulkan data awal yang menunjukkan dengan jelas secara nyata, antara peminat iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Dalam data yang dikumpulkan MixPanel tersebut diungkapkan bahwa iPhone 6 mengalami peningkatan penjualan dari semua iPhone yang pernah diluncurkan Apple yaitu mencapai 3,49 persen, sementara iPhone 6 Plus hanya 0,51 persen.

Namun data yang dikeluarkan oleh MixPanel bukanlah hasil  resmi atau lengkap. Karena data ini masih terlalu dini untuk mengatakan jika iPhone 6 memang lebih unggul dibandingkan iPhone 6 Plus. Tapi paling tidak, data yang dikeluarkan oleh MixPanel telah membuat kesimpulan para investor dan konsumen pada kedua smartphone tersebut.

Sementara itu, ada banyak faktor yang membuat iPhone 6 lebih unggul angka penjualannya dibandingkan dengan iPhone 6 Plus, sekalipun secara kualitas mungkin iPhone 6 Plus lebih bagus dibandingkan dengan iPhone 6. 

IPhone 6 menggunakan layar diagonal sebesar 4,7 inci dan iPhone 6 Plus menggunakan layar yang lebih besar yaitu sebesar 5,5 inci, namun iPhone 6 Plus ini unggul dalam resolusi layar, ukuran layar dan RAM dari iPhone 6, jadi wajar saja jika harga iPhone 6 Plus lebih sedikit mahal dari iPhone 6. 

Sehingga penyebab kemungkinan iPhone 6 lebih unggul penjualannya dibanding dengan iPhone 6 Plus mungkin karena masalah biaya. Mungkin beberapa orang tidak merasa bahwa perbedaan harga antara kedua itu mengingat perbedaan spesifikasi antara iPhone 6 dan iPhone 6 Plus tidak terlalu jauh berbeda.

Dewi Lajolie/Journalist/VMN/BL
Editor: Lidia Wulan
Image: Flickr/inFocus