Mengenal Kepulauan Mentawai

mentawai1

Indonesia… tak pernah ada yang meragukan kecantikan dan betapa mempesonanya Negeri ini, tak kan pernah cukup waktu menceritakannya dengan rangkaian kata-kata yang disambung menjadi kalimat sekalipun. Dari Sabang sampai Merauke akan selalu menjadi pesona tersendiri bagi penjelajah yang mencintai keindahan. Kepulauan Mentawai contohnya, salah satu tempat yang digemari oleh turis dan terutama surfer dunia. Mentawai Island yang terletak di Sumatera Barat ini memiliki 400 titik surfing, yang paling tidak  23 titik diantaranya berskala internasional.

mentawai5

Mulai dari ombak yang sedang sampai pada ombak yang paling menantang sekaligus ada di pantai – pantai yang mengelilingi kepulauan mentawai ini. Tak dapat disangka juga ombaknya pun menduduki peringkat ke-4 terbaik di dunia. Pantainya memiliki ombak yang ekstrim bagi peselancar sehingga membuat mentawai menjadi incaran bagi para surfer internasional. Begitu membanggakan ketika mengetahui kepulauan ini sering sekali menjadi tuan rumah atas  pertandingan surfing tingkat internasional.

mentawai2

Lokasi pulau-pulaunya juga berada di lepas pantai provinsi Sumatera Barat dan dikepung oleh Samudra Hindia yang luas. Keberadaan pulau-pulau yang tepat terletak di tengah-tengah lautan membuat pantai-pantai di Mentawai memiliki pasir putih yang bersih bagaikan kilau permata yang berpendar cahayanya. Tempat ini menjamin pengunjungnya tak akan pernah menyesal pernah menginjakkan kaki di Kepulauan Mentawai, justru akan selalu ingin kembali lagi, lagi dan lagi.

mentawai3

Mengenai penduduknya yang begitu sederhana, Anda akan kagum dengan keramah tamahan mereka dan kebaikan penduduk Mentawai, membuat Anda merasa seperti bertemu dengan keluarga baru dan dapat belajar banyak hal mengenai kesederhanaan hidup.

mentawai4

Bagi Anda yang memang mencintai alam, tak akan pernah lengkap sebelum anda mengunjungi tempat ini. Dan bagi Anda yang gemar mengumpulkan dan menyimpan potret keindahan alam, tak akan pernah lengkap pula tanpa potret Kepulauan Mentawai didalamnya. Ayo! Hilangkan penat anda dengan bermain selancar disana, minimal kalau anda tidak bisa berselancar, mungkin dapat sekedar bermain air, berfoto dan melihat matahari terbenam bersama orang terdekat Anda, atau  mungkin Anda juga bisa melihat para peselancar mempertontonkan keahlian mereka. Pesan saya sebelum anda berangkat ke kepulauan ini adalah, berhati-hatilah dengan keindahannya yang sanggup membuat Anda tak bisa lepas dari tempat ini !

Melisa Tobing/Contributor/VMN/BL

Images : Melisa Tobing

Editor : Fanya Jodie