(Business Lounge – Business Today) – Pertumbuhan penjualan mobil Tiongkok melambat  pada bulan Agustus ini menjadi 8,5 persen sementara penjualan SUV naik tigapuluh persen dilansir dari Shanghaidaily.

Pengemudi di pasar mobil terbesar di dunia ini membeli 1,5 juta mobil penumpang pada bulan Agustus, demikian dinyatakan oleh China Association of Automobile Manufacturers kemarin. Total penjualan, termasuk truk dan bus, naik 4 persen menjadi 1,7 juta kendaraan.

Pembuat mobil global memfokuskan pada Tiongkok untuk mendorong penjualan global namun pertumbuhan dari negara tersebut telah melambat. Pertumbuhan penjualan mobil turun dari 13,9 persen di bulan Mei menjadi  sebesar 11,5 persen di bulan Juni dan 9,7 persen di bulan Juli.

Pangsa pasar merek mobil Tiongkok semakin terkikis pada bulan Agustus di bawah kuatnya tekanan dari merek AS, Eropa dan Asia yang telah menghabiskan banyak biaya untuk menarik selera lokal.

Penjualan merek kendaraan penumpang Tiongkok tumbuh sebesar 5,7 persen sedangkan untuk penjualan merek Jerman, Jepang dan Amerika meningkat masing-masing sebesar 21,6 persen, 15,1 persen dan 13 persen.

Kategori kendaraan yang menonjol adalah kendaraan sport. Penjualan meningkat 30 persen menjadi 311.000 kendaraan. Jumlah tersebut dibandingkan dengan pertumbuhan sebesar 35,3 persen selama tujuh bulan pertama pada tahun ini.

Sebelumnya, General Motors Co mengatakan penjualan kendaraan oleh perusahaan tersebut dan mitra lokalnya naik 14 persen menjadi 280.178 kendaraan. Perusahaan mengatakan itu adalah rekor baru di bulan Agustus dan bulan ketiga yang terbaik di tahun ini. Selama delapan bulan pertama di tahun ini, penjualan meningkat 11,1 persen menjadi 2,3 juta kendaraan.

Ford Motor Co mengatakan penjualan naik 9 persen menjadi 77.506 kendaraan dan penjualan year-to-date  naik 30 persen menjadi 717.537 kendaraan. Nissan Motor Co mengatakan penjualan Agustus turun 0,7 persen menjadi 85.500 kendaraan tapi penjualan year to date naik 9,4 persen menjadi 1,4 juta kendaraan.

Arum/Journalist/VMN/BL
Editor: Iin Caratri

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.