Pembayaran Mobile ala Apple Pay, Resmi Diperkenalkan

apple-pay(Business Lounge – Tech & Gadget) Setelah banyak pemberitaan mengenai sistem pembayaran baru ala Apple, maka kemarin (9/9) Apple resmi memperkenalkan fitur pembayaran baru yang dimiliki oleh iPhone 6. Fitur ini menggunakan Apple Touch ID, dengan teknologi NFC (Near Field Communication). Fitur yang disebut dengan Apple Pay ini, memungkinkan pengguna untuk membayar barang atau jasa yang dibeli menggunakan informasi pembayaran yang sudah diintegrasikan dengan akun iTunes pengguna.

Sebuah langkah yang diambil Apple dengan memasuki pasar pembayaran mobile, telah menggiring Apple untuk berhadapan dengan para pesaing pendahulunya seperti PayPal, Google dan operator seluler lain yang sudah menawarkan solusi pembayaran mobile, yang juga melibatkan teknologi NFC.

Walaupun harus berhadapan dengan semua pesaing tersebut, Apple sangat percaya dapat memilki posisi yang baik mengingat saat ini, Apple telah memiliki lebih dari 800 juta pengguna terdaftar. Beberapa pengguna diyakini akan melakukan upgrade ke perangkat iPhone 6, karena tertarik dengan fitur-fitur yang dihadirkan.

Dalam pernyataannya, Tim Cook juga melihat bahwa Apple memiliki potensi yang besar di pasar. CEO Apple ini mengatakan bahwa transaksi harian Apple di AS mencapai USD 12 miliar. Nilai ini akan membawa peluang yang sangat besar bagi peluncuran Apple Pay. Seperti dikutip dari situs techcrunch.com, cara kerja fitur ini sangat sederhana, Anda hanya perlu menyentuhkan ponsel Anda pada alat pembayaran dan meletakkan jari Anda pada tombol home untuk Touch ID.

Pada Apple Pay, NFC ditempatkan pada bagian atas iPhone, sehingga pengguna akan dapat melihat semua kartu kredit miliknya dalam aplikasi Passbook. Informasi kartu kredit disimpan di dalam Secure Element chip pada iPhone 6.

uthe/Journalist/VMN/BL