Lego Kalahkan Barbie Menjadi Perusahaan Mainan Terbesar Dunia

(Business Lounge – Business Today) – Pencapaian yang dicapai oleh Lego A/S dalam enam bulan ini meningkat 11 % dengan adanya produk  film “The Lego Movie”. Peningkatan tersebut menjadikan perusahaan Lego menjadi penghasil income dan laba yang terbesar di dunia dibandingkan perusahaan mainan lainnya, juga melebihi Mattel Inc, produsen Barbie dilansir dari wsj.

Tentunya masih terlalu cepat kalau Lego menyampaikan bahwa kinerja tersebut akan terulang kembali di akhir tahun ini. Karena memang peningkatan penjualan terbesar itu terjadi dalam semester kedua di tahun ini, beberapa minggu sebelum mulai musim liburan di tahun 2014.

“Masih harus dicermati bagaimana lini produk [The Lego Movie] akan terus bertumbuh,” disampaikan oleh Direktur Utama Jorgen Vig Knudstorp dilansir dari wsj. Penghasilan kotor yang dibukukan dari film tersebut adalah sebesar  $468 juta secara internasional per 21 Agustus 2014. Penjualan dalam setengah tahun ini meningkat menjadi 11,5 miliar kroner Denmark—sekitar Rp23,87 triliun—dari 10,4 miliar kroner pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara dalam setengah tahun pertama di tahun 2014 laba bersih Lego meningkat 14 % menjadi 2,72 miliar kroner. Laba operasi di periode yang sama naik menjadi 3,63 miliar kroner, dibandingkan dengan tahun lalu yang tercatat sebesar 3,24 miliar kroner.

Bagi perusahaan asal Denmark ini saat ini Tiongkok merupakan pasar yang terbesar di Asia. Dalam semester pertama di tahun ini, penjualannya naik tinggi lebih dari 50 %.

Kalau dihitung secara rata rata pernah diperkirakan oleh Lego bahwa bahwa setiap orang di dunia rata rata memiliki 86 buah lego. Sekalipun pasar mainan global mengalami kesulitan Lego berhasil mengatasinya dan tetap bertumbuh. Kondisi saat ini anak-anak lebih menyukai bermain dengan video game atau tablet.

Sedangkan  Mattel, perusahaan asal California, Amerika Serikat, pada bulan Juli lalu membukukan kinerja yang meleset jauh dari perkiraan, diakibatkan melesunya penjualan boneka Barbie. Sebelumnya pada bulan Februari, Mattel sudah mengakuisisi perusahaan mainan konstruksi Mega Brands Inc asal Kanada senilai $366 juta. Langkah yang dilakukan  Mattel ini membuat dia langsung berkompetisi dengan Lego.

Arum/Journalist/VM/BL