Guizhou, Tiongkok Dilanda Longsor

(Business Lounge – News & Insight) Tanah longsor telah melanda desa Yingping di kota Fuquan sebelah barat daya Tiongkok, provinsi Guizhou pada Rabu (27/8), demikian dikonfirmasikan kantor berita Xinhua milik pemerintah Tiongkok. Lebih dari 70 rumah di desa Yingping , provinsi Guizhou hancur.

Puluhan tim penyelamat pun segera diturunkan untuk memberikan bantuan kepada mereka yang terperangkap. Tim penyelamat melakukan penyisiran pada daerah yang kini tertutup oleh lumpur kering itu. Sedikitnya enam orang tewas dan 21 lainnya hilang setelah tanah longsor melanda sebuah desa yang terletak di sebelah Barat Daya Tiongkok ini. Sedangkan 22 orang terluka dan telah dipindahkan ke rumah sakit untuk perawatan.

Longsor tersebut diyakini telah disebabkan oleh pelanggaran dari reservoir kecil demikian disampaikan oleh televisi setempat. Semua berharap kondisi lingkungan dapat mendukung operasi pencarian dapat tetap berlangsung. Sehingga banyak dari mereka yang terperangkap dapat segera ditolong.

Longsor yang melanda desa Yingping pada Rabu malam adalah bencana kedua yang melanda wilayah barat daya Tiongkok bulan ini. Awal bulan ini, gempa bumi melanda daerah terpencil di provinsi tetangga Yunnan, menewaskan 615 orang.

guizhou_map

Propinsi Guizhou

Secara keseluruhan propinsi Guizhou terletak di pegunungan dengan daerah berbukit di bagian Baratnya. Guizhou memiliki iklim lembab subtropis. Propinsi ini merupakan salah satu propinsi miskin di Tiongkok namun kaya akan sumber daya alam. Industri alamnya termasuk kayu dan kehutanan. Guizhou juga produsen terbesar ketiga tembakau di Tiongkok, dan rumah bagi merek tembakau terkenal Guizhou Tembakau. Industri penting lainnya di provinsi ini termasuk energi (pembangkit listrik), dan pertambangan, khususnya batu bara, batu kapur, arsenik, gipsum, dan oil shale.

uthe/Journalist/VMN/BL

Image: xinhua