hp-ac-power
hp-ac-power

Bahayakan Pengguna, HP Recall 6 Juta Kabel Laptop

(Business Lounge – Tech & Gadget) Hewlett-Packard telah mengumumkan penarikkan kembali kabel AC power di seluruh dunia yang telah didistribusikan notebook HP, notebook Compaq, notebook mini dan beberapa docking station yang dijual antara September 2010 dan Juni 2012.

Penarikan kembali ini dilakukan karena alasan keamanan. Pada tanggal 26 Agustus, perusahaan mengeluarkan pernyataan bahwa beberapa kabel listrik untuk komputer ini mungkin memiliki potensi untuk menjadi terlalu panas dan menimbulkan api, serta dapat menimbulkan bahaya terbakarnya kabel.

“Kami mengambil tindakan ini sebagai bagian dari komitmen kami untuk memberikan kualitas pelayanan tertinggi kepada pelanggan notebook kami.” Demikian pernyataan perusahaan. Recall sukarela ini hanya ditujukan untuk kabel yang menghubungkan stop kontak dan daya laptop, ditandai dengan nomor LS-15. Terdapat hingga 6 juta kabel listrik yang telah didistribusikan perusahaan.

Komisi keselamatan produk konsumen AS mengatakan bahwa HP telah menerima 29 laporan dari kabel listrik yang terlalu panas hingga meleleh atau hangus, akibatnya dilaporkan ada 2 orang mengalami luka bakar ringan dan 13 klaim mengakibatkan kerusakan properti lainnya. Komisi tersebut juga menyampaikan, bahwa pelanggan harus segera berhenti menggunakan kabel listrik tersebut, serta segera menghubungi HP untuk memesan penggantian kabel yang diberikan secara gratis.

Namun, perusahaan juga mengatakan bahwa tidak semua notebook HP dan Compaq yang dijual dengan kabel listrik yang bermasalah tersebut. Jadi bagi Anda yang menggunakan kabel listrik dengan nomor LS-15 diharapkan dapat menggantinya dan mendapatkan kabel listrik secara gratis.

Yusnia/Journalist/VM/BL-zdnet
Editor: Evi Fog
Image: US Consumer Product Safety Commission