Prof. Dr. Emil Salim : Pondasi Ekonomi Indonesia

(Business Lounge – Achievement) Sebuah bangunan yang nampak di depan kita tentunya hanya kita lihat design exterior dan interior-nya, tetapi kita tidak pernah bisa melihat bagaimana struktur pondasinya. Demikian juga apa yang kita lihat tentang ekonomi Indonesia pada saat ini, kita akan merasakan bagaimana gejolak ekonomi domestic dan global yang kita hadapi sekarang. Mungkin bisa kita lihat data historis ekonomi pada masa-masa yang lalu dan kita buat juga estimasi pada masa yang akan datang, namun bagaimana kita bisa melihat sebuah pemikiran ekonomi diaplikasikan dan bagaimana sebuah kebijakan berproses hingga memiliki dampak ?

Kali ini businesslounge.co – Vibiz Media Network, bukan hanya berbicara analysis ekonomi berdasar historis data, namun juga historis pengalaman dari para tokoh ekonomi. Kami berusaha mengungkap pengalaman para ekonom terkemuka seperti Prof. Dr. Ali Wardhana sang Arsitek Ekonomi Indonesia, Prof. Dr. Emil Salim pejuang lingkungan hidup untuk Sustainable Economic Development, Prof. Dr. Subroto pe-lobby dan negotiator minyak Indonesia, Prof. Dr. Dorodjatun Kuntjoro-Jakti Phd. tehnokrat pelunasan hutang Indonesia pada IMF, Dr. Ir. Marzuki Usman sang pendobrak pasar modal Indonesia, dan masih banyak lagi tokoh senior dan generasi penerus seperti Bambang P.S. Brojonegoro.

Pengalaman langsung dari tokoh-tokoh yang merancang dan membangun ekonomi Indonesia, mereka bisa menceritakan saat-saat yang mendebarkan bagaimana sebuah kebijakan ekonomi diterapkan dan berdampak. Seperti Dorodjatun Kuntjoro-Jakti hampir meneteskan air mata menahan gejolak emosional kebangsaan menceritakan saat-saat menghadap Managing Director IMF Michel Camdessus di apartment-nya, bukan di kantor, membawa surat pelunasan hutang Indonesia pada IMF. Momentum besar ekonomi Indonesia yang hanya bisa disingkapkan oleh para tokoh pelakunya.

Demikian halnya Emil Salim mengungkapan kepada businesslounge.co pemikiran dan perjuangannya bersama ekonom senior lainnya saat-saat menangani ekonomi Indonesia yang carut-marut pada saat transisi dari orde lama. Bagaimana terobosan kebijakan ekonomi diterapkan? Bagaimana kondisi ekonomi dan penderitaan bangsa saat itu ? Apa saja yang menjadi prioritas pembangunan ? Bagaimana impian untuk masa depan ekonomi Indonesia ?

Emil Keryakatan

Emil Sustainable
Emil Nilai

Emil Bias

Emil Biografi

Alfred Mid Income

Kristanto Kerakyatan

Ruth HR

Fajar Leader

Fajar Demografi

Exclusive Interview

[videogallery video1=”youtube” url1=”ue_H3ip4ivU” image1=”http://businesslounge.co.id/wp-content/uploads/2014/08/Banner51.jpg” caption1=”EKONOMI KERAKYATAN” video2=”youtube” url2=”EFK2ZbGyWgA” image2=”http://businesslounge.co.id/wp-content/uploads/2014/08/Emil-Salim-7.jpg” caption2=”SUSTAINABLE ECONOMY” ]

[videogallery video1=”youtube” url1=”Z-IXo5SVFIk” image1=”http://businesslounge.co.id/wp-content/uploads/2014/08/Emil-Salim.jpg” caption1=”LINGKUNGAN HIDUP” video2=”youtube” url2=”pZwz874z_Vc” image2=”http://businesslounge.co.id/wp-content/uploads/2014/08/Emil31.jpg” caption2=”BIAS PEMBANGUNAN” video3=”youtube” url3=”-wgITZttiRI” image3=”http://businesslounge.co.id/wp-content/uploads/2014/06/Emil-Salim_EDIT1.jpg” caption3=”HIPERINFLASI 650%” ]
[column size=one_half position=first ]
pak YoKristanto Nugroho
Editor in Chief Vibiz Media Network
[/column]

[column size=one_half position=last ]

ruth_revisiRuth Berliana
Editor in Chief businesslounge.co

[/column]