Kalah Saing Dengan Bisnis Online, Selama 14 Tahun Keuntungan Best Buy Bantat

(Business Lounge – Business Today)  Selama kuartal kedua tahun ini, keuntungan bisnis peritel elektronik multinasional Amerika Serikat-Best Buy Co. berkurang cukup banyak yang disebabkan menurunnya pendapatan dari penjualan produk yang dijual. Jatuhnya pendapatan ini disebabkan berkurangnya permintaan konsumen dan persaingan yang agresif harus terus menekan penjualan.

Pendapatan Best Buy yang  menurun baik domestik maupun internasional ini meleset dari perkiraan dan lebih rendah dari kuartal yang sama tahun 2013. Best Buy memperoleh keuntungan hanya $ 146 juta dari pendapatan  yang telah turun menjadi $ 8,9 miliar. Kuartal sebelumnya perusahaan hanya memperoleh keuntungan $ 266 juta dari pendapatan $ 9,266 miliar.

Berkurangnya pendapatan tersebut juga seiring dengan lemahnya penjualan di toko-toko Best Buy yang disebabkan konsumen lebih memilih belanja lewat online. Sehingga penjualan online yang baru dimulai oleh peritel ini terus meningkat namun besarnya beban operasional membuat keuntungan online tersebut belum bisa menaikkan labanya.

Untuk menghadapi turunnya penjualan, Best Buy melakukan banyak  pemotongan biaya dan menjual kembali perusahaan asing yang di akuisisi.  Best Buy menjual sahamnya di bisnis Eropa Carphone Warehouse Group PLC kembali ke Carphone Warehouse dalam sebuah kesepakatan senilai sekitar $ 775 juta. Selain itu  untuk mengurangi beban operasional, perusahaan menutup beberapa toko di Tiongkok.

Kalah saing dengan bisnis online, keuntungan Best buy tidak tumbuh dalam 14 kuartal terakhir, sebagian karena persaingan dari rival pengecer online terbesar seperti Amazon.com seperti yang dilansir Reuters. Dan sebagai informasi penjualan kuartalan elektronik dan barang umum Amazon melonjak hampir 30 persen di Amerika Utara.

Dengan banyaknya peritel yang menjalankan bisnisnya secara online pastinya akan menenggelamkan banyak keuntungan peritel yang masih konservatif dikalangan konsumen sekarang yang lebih memilih belanja  dengan online. Bantatnya pertumbuhan keuntungan perusahaan ini diperkirakan akan berlangsung hingga 2 tahun kedepan jika Best Buy tidak  mengembangkan bisnis onlinenya.

Joel/Journalist/VM/BL
Editor: Jul Allens
image : wikimedia