Roche Mengakuisisi InterMune

(Business Lounge – Business Today) Roche holding telah menyetujui untuk membeli perusahaan biotech Amerika Serikat, InterMune Inc, seharga $8,3 milyar. Hal tersebut diumumkan langsung oleh perusahaan pembuat obat asal Swiss pada hari Minggu (24/8) seperti dilansir oleh New York Time. Roche akan membayar sebesar $74 per saham melalui penawaran tender. Harga tersebut menawarkan keuntungan premium sebesar 38 persen dari harga penutupan pada tanggal 22 Agustus 2014.

Perjanjian tersebut telah menandai kesepakatan multimilyar dolar dalam sebuah konsolidasi di sektor farmasi. Dewan direksi dari kedua perusahaan juga sangat mendorong untuk terjadinya akuisisi tersebut. Kesepakatan ini akan menjadi kesepakatan yang terbesar bagi Roche semenjak perusahaan ini mengakuisisi grup Genentech Amerika Serikat pada tahun 2009.

Penjualan saham dari InterMune memang tidak banyak mengejutkan para investor. Sebelumnya telah banyak beredar kabar jika InterMune tengah mengerjakan evaluasi strategis dengan para penasehat keuangan mereka. Evaluasi terebut sebagai tanggapan terhadap banyak penawaran untuk pengambilalihan perusahaan dari berbagai pihak.

Proses akusisi InterMune akan membantu Roche dalam memperkuat dan memperlebar portofolio perusahaan tersebut. Salah satunya InterMune menjanjikan sebuah obat baru pirfenidone untuk mengobati paru-paru. Para analis industri mengharapkan obat ini dapat menghasilkan penjualan sebesar $ 1,04 pada 2019. Kesepakatan ini juga telah membuat Roche melakukan diversifikasi kepada obat-obat penyakit lainya seperti obat pernafasan selain obat untuk penyakit kanker. Selama ini Roche memimpin di dalam obat-obatan kanker.

Roche sudah memasarkan Pulmozyme untuk cystic fibrosis dan Xolair untuk asma yang parah di Amerika Serikat dan memiliki produk eksperimental pernapasan lainnya yang sedang dalam pengembangan klinis, termasuk obat asma lainnya yang disebut lebrikizumab.

Secara strategis Roche dan InterMune memiliki kecocokan juga dari segi budaya perusahaan.

Meskipun Roche harus membayar harga yang besar untuk membeli InterMune, namun kesepakatan ini terlihat sebagai “bolt-on” akuisisi, mengingat nilai pasar perusahaan itu sendiri sekitar $ 250 miliar.

Baru-baru ini terdengar kabar adanya kemungkinan Roche membeli saham Chugai Pharmaceutical Co Ltd milik Jepang namun tidak terbukti kebenarannya. InterMune telah mempertimbangkan untuk menjual perusahaan ini sejak tiga tahun yang lalu tetapi perusahaan ini memutuskan untuk tidak mengadakan kesepakatan pada waktu itu karena belum adanya kepastian atas data klinis pirfenidone, demikian disampaikan Reuters sebelumnya.

Menurut ketentuan perjanjian InterMune, Roche akan memulai penawaran tender untuk mengakuisisi seluruh saham yang beredar di perusahaan AS paling lambat 29 Agustus.

Citi bertindak sebagai penasihat keuangan untuk Roche, sementara Centerview Partners dan Goldman Sachs bertindak untuk InterMune.

Afif Bahar/Analyst of Vibiz Research – Vibiz Consulting/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana