Menikmati Kakaban – si Pulau Cincin

(Business Lounge – Travel) Tidak perlu meragukan keindahan Pulau Kakaban, bagaikan lukisan alam karya sang Maha Pencipta nan agung. Perpaduan yang sempurna dari kecantikan pantai, pepohonan rindang, hutan bakau serta sebuah danau yang terletak tepat di tengah Pulau Kakaban membuat pulau ini begitu diminati oleh banyak wisatawan. Keberadaan danau ini telah menjadikan Pulau yang terletak di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur ini tampak sebagai sebuah cincin raksasa yang mempesona.

Kakaban 5 edit

Untuk menuju danau Kakaban, Anda perlu menapaki susunan anak tangga kayu yang semakin tinggi. Tepat pada suatu ketinggian maka susunan anak tangga itu menurun hingga menuju sebuah dermaga persis pada pinggir Danau Kakaban.

Kakaban 2 editKakaban 3 edit

Air laut yang terperangkap di tengah karang terjal setinggi 50 meter, ditambah air tanah dan air hujan sejak 2 juta tahun yang lalu telah mengakibatkan air danau ini menjadi payau. Dihuni oleh jutaan biota laut yang telah beradaptasi dan membentuk suatu ekosistem yang unik membuat para peneliti semakin tertarik mengamatinya. Walaupun pulau ini tidak dihuni oleh manusia tetapi biota laut, penghuni Danau Kakaban telah sanggup mendatangkan banyak pelancong untuk menikmati keindahan alam pulau Kakaban.

Terdapat 4 jenis ubur-ubur pada danau yang unik ini. Ajaibnya, mereka hidup bersimbiose mutualistis dengan ganggang untuk mempertahankan hidupnya. Ubur-ubur Kakaban meletakkan si ganggang pada kakinya sehingga membuatnya berjalan terbalik demi si ganggang dapat memperoleh cahaya matahari.

Selain itu, hutan bakau pun tumbuh memenuhi pinggir pantai sebagai tempat hidup dari berbagai jenis kepiting, teripang ataupun ular laut.

Jika Anda mampir ke danau Kakaban ini, satu hal yang wajib Anda lakukan adalah bersnorkeling disini. Anda akan dapat merasakan suatu sensasi yang tidak terkatakan ketika Anda berenang kian kemari di antara ribuan ubur-ubur yang tidak akan menyakiti Anda. Seperti tuan rumah yang ramah, mereka akan menyambut Anda dengan gerakan gemulainya seolah-olah ingin mengatakan selamat datang kepada Anda.

Cobalah untuk menyentuh lembut mereka, Anda akan merasakah kekenyalan kulitnya yang menggoda Anda untuk tertawa sejenak.

Ubur2

Pulau Kakaban, sebuah pulau tak berpenghuni di kepulauan Derawan, menyimpan sejuta cerita yang patut untuk Anda ikuti.

uthe/Journalist/VMN/BL
Image: Philip