(Business Lounge – Business Today) – Dari minggu ini, setiap foto yang diposting online, dapat di scan untuk digunakan dalam rangka tujuan komersial tentang apa yang Anda ingin makan, minum, pakai atau mendengarkan. Sosial media platform blogging Tumblr akan mulai menganalisa setiap foto yang diposting ke situs Tumblr untuk mengumpulkan informasi tentang preferensi merek pengguna.
Tumblr, yang dimiliki oleh Yahoo! pada dasarnya berkaitan dengan blog yang diikuti, bersama dengan foto pribadi dan informasi, dipasang di dashboard di mana orang lain dapat melihat mereka.
Situs teknologi Mashable ini melaporkan bahwa perusahaan telah melibatkan Ditto Labs yang berbasis di Cambridge Massachusetts untuk menganalisis foto yang diposting di situs untuk data merek terkait, dilansir dari shn.com.
“Saat ini, kami tidak berencana untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan iklan,” kata TR Newcomb, kepala pengembangan bisnis di Tumblr, Mashable melaporkan. “Jika Coke ingin memahami sifat percakapan [tentang mereka di Tumblr], Ditto dapat menyaring dan mengirimkannya ke Coke,” kata Newcomb.
Richenda Vermeulen, direktur dari agen media sosial ntegrity mengatakan ide mengambil dari konten yang ada ini akan diselidiki oleh semua pemain media sosial. “Jenis monetisasi memang menarik bagi platform sosial. Ini berarti mereka dapat menghasilkan pendapatan tanpa mengurangi pengalaman pengguna, “katanya.
Langkah ini dilakukan setelah Yahoo! membeli Tumblr sebesar US $ 1,1 miliar pada tahun lalu, dan ini dianggap sebagai situs pertama yang aktif berusaha untuk menganalisis gambar untuk konten.
Ms Vermeulen mengatakan Tumblr telah diremehkan sebagai jaringan sosial oleh pengiklan Australia karena relatif sedikit jangkauannya secara lokal dan demografinya adalah remaja untuk awal 20-an. Namun, praktek pengumpulan konten visual ini kemungkinan akan diikuti oleh perusahaan lain jika terbukti berhasil, katanya.
“Mengutamakan Konten visual ini berarti mereka tidak perlu membebankan biaya pada pengguna untuk layanan mereka atau berpotensi membatasi jumlah iklan yang dibutuhkan,” kata Ms Vermeulen. “Tumblr belum tentu menarik perhatian Aussie atau merek Eropa – itu jauh lebih populer dan sering dibicarakan di Amerika Serikat. Namun hal ini dapat berubah karena meningkatnya pemasaran digital di Australia.”
Kontes untuk memaksimalkan pendapatan dan wawasan komersial dari gambar ini mulai memanas pada bulan Januari ketika jaringan berbagi foto Pinterest membeli VisualGraph, dan Google membayar $ US 500 juta untuk DeepMind. Kedua pembelian ini tampaknya memiliki misi yang sama dengan strategi Tumblr yang baru.
Arum/Journalist/VM/BL