McDonald Kerjasama Dengan Kraft Pasarkan Kopi McCafe

(Business Lounge – Business Today)  Peritel makanan hamburger terbesar dunia, McDonald akan menjadi raksasa peritel makanan terbaru dengan memasuki pasar kopi ritel menyaingi Starbucks. Dan untuk meluaskan bisnis barunya ini perusahaan bersiap memasarkan produknya di berbagai supermarket dan kedai-kedai minuman.

Usaha yang sebelumnya sudah dilakukan peritel besar lainnya seperti Starbucks dan juga Dunkin Donuts merupakan hasil kerjasama dengan salah satu raksasa peritel makanan Kraft. Bersama dengan Krafts perusahaan ini akan memasarkan produk kopinya yang dibawah brand toko McCafenya  ke supermarket kawasan AS terlebih dahulu.

Perusahaan  yang berpusat di Oak Brook, Illinois-USA ini melihat bisnis kopi sebagai peluang pertumbuhan utama yang berpotensi mendapatkan pelanggan lebih ke  14.000 restoran McDonald di AS.Ekspansi bisnis ini juga sebagai strategi meningkatkan penjualan yang telah jatuh di kuartal kedua lalu.

Pada kuartal kedua lalu dilaporkan penjualan   turun 1,5% di AS dan 1% di Eropa, meski diimbangi oleh peningkatan penjualan di Asia / Pasifik, Timur Tengah dan Afrika yang naik  1,1%. Dalam rilis yang disampaikan CEO McDonald hari Selasa (19/8) seperti yang dilansir ABC News juga melaporkan penjualan McCafe telah melonjak 70% sejak memperkenalkan produk kopi spesial McCafe tahun 2009 lalu.

Untuk ekspansi ini sebelumnya McDonald Corp dan Kraft Foods telah mencoba menjual kopi kemasan dalam pasar tertentu. Dan sebagai informasi sebelum dengan McDonald, Kraft Foods telah bekerjasama dengan Starbucks namun berhenti di tahun 2010.

Joel/Journalist/VM/BL
Editor: Jul Allens
Pic : wikimedia