Smartphone Berbiaya Rendah Telah Meningkatkan Penjualan Android

(Business Lounge РTech & Gadget) Meningkatnya penjualan smartphone murah, terutama di pasar negara-negara berkembang, telah membantu platform Google Android memperpanjang dominasinya pada kuartal kedua ini. Seperti yang telah dilaporkan oleh Industrial Development Corporation bahwa penjualan ponsel Android telah meningkat 33% dibandingkan tahun lalu yaitu menjadi 255 juta unit. Adapun 84.7% dari seluruh penjualan smartphone secara global telah terjadi pada periode Maret-Juni.

Secara keseluruhan pasar telah bertumbuh sebesar 25% menjadi 301 juta unit demikian dilaporkan IDC. Namun hal ini gagal diimbangi oleh Apple, Microsoft Windows dan BlackBerry.

“Dengan banyaknya kemitraan dengan perusahaa manufaktur yang berfokus pada segmen senilai sub $ 200 segmen, Android telah menuai keuntungan besar di pasar negara berkembang,” demikian disampaikan Ramon Llamas, manajer penelitian IDC seperti dilansir oleh The Straits Times. Llamas juga menambahkan bahwa selama kuartal kedua, 58,6% dari semua pengiriman smartphone Android di seluruh dunia adalah perangkat yang hanya berbiaya kurang dari $ 200 (kurang dari 2,2 juta rupiah). Hal ini membuat smartphone menjadi sangat menarik dibandingkan dengan perangkat lain.

Penjualan Apple iPhone naik menjadi 35,2 juta unit pada kuartal tersebut, tetapi dengan pertumbuhan lebih lambat dari Android, pangsa pasar Apple turun menjadi 11,7% dari 13% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Sementara penjualan Windows Phone tergelincir lebih dari sembilan persen dari tahun lalu menjadi 7,4 juta unit, sedangkan pangsa pasarnya turun menjadi 2,5%.

Kesengsaraan BlackBerry diperdalam meskipun kenaikan moderat dari kuartal pertama 2014. Pada basis tahun-ke tahun, penjualan turun 78% dan pangsa pasarnya turun menjadi 0,5%. Sebagian besar angka-angka ini sejalan dengan survei serupa pada bulan lalu yang dilakukan oleh Strategy Analytics.

uthe/Journalist/VMN/BL
Editor: Jul Allens
image : antara