Lima Negara Rayakan Kemerdekaan Minggu Ini

(Business Lounge – News)  Satu minggu menjelang hari peringatan kemerdekaan Bangsa Indonesia, selalu menjadi minggu yang penuh dengan kesibukan. Baik di sekolah, perkantoran, gedung-gedung hingga mall juga kampung dan perumahan. Berbagai kegiatan pun diadakan mulai dari perlombaan permainan rakyat, malam kesenian hingga persiapan upacara. Bendera Merah Putih pun telah mewarnai gedung-gedung, jalan-jalan bahkan hampir semua sarana umum sejak memasuki bulan Agustus setiap tahunnya.

Tidak terasa kita telah sampai pada peringatan yang ke-69 pada tahun ini. Kemerdekaan dari bangsa Belanda yang telah menjajah kita selama 3,5 abad.

Namun ternyata tidak hanya Bangsa Indonesia saja yang sedang berbahagia pada minggu ini. Tepatnya ada 4 negara lainnya yang juga merayakan kebahagiannya minggu ini oleh karena telah terlepas dari penjajahan selama bertahun-tahun.

11 Agustus 1960, Kemerdekaan Chad

Tepat Senin (11/8) Chad, sebuah negara yang terkurung daratan di Afrika Utara Tengah merayakan kemerdekaannya dari Perancis yang telah menjajahnya selama 40 tahun. Biasanya warga Chad akan memperingati kemerdekaannya dengan mengadakan banyak festival, acara olahraga seperti pertandingan sepak bola, parade, musik dan tari. Hari kemerdekaan Chad juga menjadi hari libur nasional.

14 Agustus 1947, Kemerdekaan Pakistan

Republik Islam Pakistan memperoleh kemedekaannya pada tanggal 14 Agutus 1947. Pada waktu itu Pakistan resmi memisahkan diri dari India yang keduanya memperoleh kebebasan dari Inggris. Pemisahan ini dilakukan berdasarkan demografi keagamaan. Untuk memperingati hari kemerdekaannya, rakyat Pakistan akan membangkitkan semangat patriotik mereka dengan menyanyikan lagu-lagu nasional sambil mengenakan pakaian nasional mereka dengan warna-warna yang sama dengan warna bendera nasional Pakistan. Bendera Pakistan pun dikibarkan di seluruh bangunan baik bangunan swasta maupun publik termasuk rumah-rumah parlemen. Selain itu beberapa acara seperti konser, pertunjukan teater, dan kompetisi lagu-lagu nasional juga ikut menyemarakan peringatan kemerdekaan.

Setiap tanggal ini jugalah perayaan diadakan di Minar-e-Pakistan, Lahore untuk mengenang peristiwa berkumpulnya para pemimpin nasional yang berjanji untuk memperjuangkan bangsa yang merdeka dari Pakistan.

Namu kemudian Pakistan pun terpecah lagi saat Pakistan Timur memisahkan diri dari Pakistan pada tahun 1971 setelah perang sipil, dan menjadi Bangladesh.

Hussain puts the final touches on a statue in Karachi

15 Agustus 1947, Kemerdekaan India

Republik India memperoleh kemerdekaannya pada 15 Agustus 1947 dari kekuasaan kolonial Inggris setelah perjuangan panjang dan pahit melawan penjajahan Inggris sejak 1600-an. Sebelumnya pada tanggal 18 Juli 1947, Kemerdekaan India Act telah disetujui raja Inggris. Saat itu disepakati bahwa India akan dibagi menjadi Pakistan dan India.

Hari Kemerdekaan bagi India adalah hari perayaan dan kegembiraan dengan menghias semua toko, kantor, dan bangunan swasta dengan lampu. Hari itu pun menjadi hari libur nasional. Selain mengibarkan bendera, tradisi menerbangkan layang-layang juga telah dilakukan selama bertahun-tahun. Hal ini menandai semangat kemerdekaan dan kebebasan India.

School boys with their faces painted in the colours of India's national flag, take part in India's Independence Day celebrations in Jammu

17 Agustus 1960, Kemerdekaan Gabon

Republik Gabon yang terletak di pesisir barat Afrika Tengah yang telah berada di bawah kekuasaan Perancis hingga 17 Agustus 1960. Warga Gabon akan merayakan kemerdekaannya dengan mengadakan acara tari tradisional tari, permainan drum, dan parade. Hari Kemerdekaan bagi Gabon pun juga menjadi hari libur nasional. Selama 350 tahun Gabon telah menjadi pusat perdagangan budak dari orang-orang Eropa, seperti Portugis, Perancis, Belanda, dan Inggris. Namun kemudian Gabon menjadi Negara jajahan Perancis.

Tidak akan ada negara tanpa kemerdekaan. Tidak ada kemerdekaan tanpa mereka yang memperjuangkannya.

“Nothing is more precious than independence and liberty” – Ho Chi Minh

Uthe/Journalist/VM/BL
Editor: Jul Allens
image : wikimedia