Kelahiran ” Ajaib” Kembar Tiga Panda di Tiongkok

(Business Lounge – World News) – Kebun binatang Tiongkok telah mengumumkan kelahiran kembar tiga panda yang untuk pertama kalinya merupakan bayi trio panda yang bertahan hidup di dunia, dilansir dari Telegraph.co. Menurut keterangan media setempat, ketiganya merupakan kembar tiga keempat yang lahir melalui bantuan inseminasi buatan di Tiongkok, dan kelahiran mereka dianggap sebagai sebuah keajaiban karena rendahnya tingkat reproduksi panda.

Ibu panda bernama Juxiao, yang berarti “senyum krisan”, melahirkan kembar tiga di Taman Safari Chimelong Guangzhou pada tanggal 29 Juli dini hari, tapi dia terlalu lelah untuk mengurus bayi bayinya.

Anak-anaknya kemudian dimasukkan ke dalam inkubator sementara Juxiao harus pulih dulu dari kekuatannya, dan kini anak-anaknya telah dibawa kembali ke ibu mereka untuk menyusui dan juga dihadiri oleh tim yang akan memberikan mereka makan, demikian disampaikan oleh kebun binatang itu.

“Mereka dikatakan adalah satu-satunya kembar tiga panda yang pernah selamat,” kata taman safari tersebut dalam pernyataan yang dirilis Selasa kemarin.

Seorang pejabat dari Sichuan Wolong National Natural Reserve, yang dianggap sebagai otoritas terkemuka untuk panda,¬† mengatakan bahwa kembar trio itu terlalu muda untuk secara resmi diakui sebagai “surviving” tetapi bahwa mereka adalah satu-satunya kembar tiga panda yang diketahui hidup.

“Kita hanya bisa mengatakan mereka masih hidup setelah mereka mencapai enam bulan. Untuk saat ini mereka memang satu-satunya kembar tiga yang masih hidup,” kata seorang pejabat dari pusat yang hanya menyebutkan namanya Zhao.

“Para kembar tiga dapat digambarkan sebagai keajaiban dunia yang baru,” kata Taman Safari Chimelong, menggambarkan bahwa tingkat kematian di antara panda yang baru lahir ini “sangat tinggi”.

Gambar yang diambil awal bulan ini dari si kembar tiga panda menunjukkan anak-anak panda berwarna pink di dalam inkubator dengan mata tertutup dan tubuh yang ditutupi dengan bulu putih yang masih jarang-jarang.

“Ibu dan bayi berada dalam kondisi baik, tetapi bayi yang baru lahir ini sangat menggemaskan dan juga¬† sangat inspiratif,” kata kebun binatang. Jenis kelamin anaknya belum diungkapkan dan mereka akan diberi nama menyusul di kemudian hari.

Panda yang habitat alaminya terletak di pegunungan Cina barat daya, memiliki tingkat reproduksi yang terkenal rendah dan berada di bawah tekanan dari faktor-faktor tertentu seperti salah satunya hilangnya habitat mereka. Tiongkok memiliki sekitar 1.600 panda yang hidup di alam liar. Musim kawin normal mereka adalah sekitar pertengahan April sampai Mei.

Arum/Journalist/VM/BL
Image : Antara