Alibaba Merevisi Kesepakatannya Dengan Alipay

(Business Lounge – Business Today) Alibaba Group Holding Ltd melakukan pengkajiankembali terhadap kontrak mereka dengan Alipay. Alibaba melakukan kesepakatan untuk melakukan afiliasi pembayaran dengan Alipay. Keputusan untuk melakukan pengkajian kembali tersebut terjadi sebulan sebelum perusahaan e-commerce tersebut melakukan debutnya di Bursa New York demikian dilansir oleh Reuters.

Dalam amandemen prospektusnya, Alibaba berencana untuk menjual small-business operations dari perusahaan tersebut kepada Alipay. Rencananya penjualan tersebut akan dihargai sebesar $518 juta. Alibaba akan mendapatkan 37,5 persen dari keseluruhan bisnis keuangan Alipay termasuk peminjaman kepada bisnis kecil dan operasi yang sedang berjalan dan di masa depan seperti manajemen aset dan asuransi. Akan tetapi, Alibaba tidak mendapatkan setengah dari pendapatan sebelum pajak dari Alipay.

Langkah Alibaba tersebut menghilangkan keraguan dari para investor terhadapa langkah Alibaba terhadap hubungannya dengan Alipay. Semenjak rencana untuk go public dari Alibaba mengemuka, para investor masih bertanya-tanya apakah Alibaba akan memperkuat ikatannya sehingga terafiliasi dengan Alipay.

Dengan adanya kesepakatan tersebut maka Alibaba akan memiliki hak untuk dapat membeli saham dari perusahaan induk Alipay hinga mencapai 33 persen. Kesepakatan rumit tersebut membuat Alibaba dan Alipay semakin dekat setelah sebelumnya terpisah tiga tahun yang lalu dengan adanya kontroversi. Pemisahan kedua perusahaan tersebut dilakukan oleh chairman dan pendiri Alibaba, Jack Ma, karena aturan dari pemerintah yang mengontrol kepemilikan dari institusi keuangan di Tiongkok.

Afif Bahar/Analyst Vibiz Reasearch Vibiz Consulting/VMN/BL