Sikorsky&Boeing Terpilih Untuk Produksi Helikopter Amerika Serikat

(Business Lounge – Business Today) Tim dari Boeing dan Sikorsky Aircraft Corp & Textron Inc telah terpilih untuk membuat prototipe dari multi-role vertical-lift aircraft. Terpilihnya kedua tim tersebut merupakan bagian dari rencana tentara Amerika Serikat untuk menggantikan ratusan helikopter mereka yang telah dianggap usang.

Boeing dan Sikorsky telah menyebutkan di bulan Januari jika mereka akan bersatu untuk sebuah proyek baru. Proyek tersebut merupakan jawaban dari penawaran yang dilakukan oleh tentara Amerika Serikat. Penawaran dari tentara Amerika Serikat bertujuan untuk dapat menarik desain-desain baru untuk angkutan udara yang terbaru.

Proyek ini diperkirakan para analis akan bernilai hingga $100 milyar demikian dilansir oleh Reuters. Boeing dan Sikorsky memperkirakan penerbangan pertama dari prototipe helikopter Boeing-Sikorsky akan berjalan di tahun 2017.

Dengan berjalannya program tersebut diharapkan akan menggantikan helikopter-helikopter lama yang telah dianggap selesai masa pakainya. Helikopter-helikopter yang akan digantikan tersebut adalah UH-60 Black Hawk medium class sebanyak 4.000 yang dibuat oleh Sikorsky. Satu jenis helikopter lama yang akan digantikan adalah Apache yang dibuat oleh Boeing.

Afif Bahar/Analyst Vibiz Research Vibiz Consulting/VMN/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: wikipedia