Bebas Visa Untuk Indonesia – Jepang Mulai 2015

(Business Lounge – News & Insight) Kabar baik bagi para travelers. Pemerintah Jepang telah memutuskan bahwa visa bagi wisatawan yang akan berkunjung ke negeri matahari terbit tersebut akan dibebaskan mulai Januari 2015 demikian disampaikan resmi oleh Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida saat mengunjungi Indonesia pada Selasa (12/8) seperti dilansir oleh Tempo. Untuk tanggal persisnya memang belum disebutkan oleh karena masih diperlukan untuk mempersiapkan semua prosedur yang dibutuhkan.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa telah mengatakan bahwa hal ini diputuskan oleh pemerintah Jepang sebagai imbalan oleh karena Indonesia telah menerapkan kebijakan yang sama untuk para warga Jepang yang hendak berkunjung ke Indonesia.

Indonesia memang menerapkan bebas Visa kepada warga Jepang mengingat besarnya kuantitas dan kualitas warga dari dan ke Jepang. Jumlah wisatawan Jepang yang datang ke Indonesia tercatat mencapai 500 ribu orang setahun. Diharapkan kebijakan bebas visa ini akan meningkatkan arus dari Jepang. Selain itu Marty juga mengatakan bukan hanya jumlah wisatawan Jepang yang besar, namun selama ini wisatawan Jepang di Indonesia dinilai berkontribusi baik dan tidak menimbulkan masalah.

Di sisi lain, Jepang memang sedang berupaya meningkatkan jumlah pengunjung tahunannya. Ia menargetkan untuk mencapai 20 juta pengunjung dari luar negeri pada tahun 2020 saat Pesta Olahraga Olimpiade diselenggarakan di Tokyo.

Rezim Visa Internasional

Sampai saat ini secara internasional telah berlaku empat tingkatan rezim untuk Visa ke Indonesia. Rezim pertama adalah tingkatan yang paling ketat. Rezim ini berikan bagi warga negara asing yang akan masuk ke negara lain dengan menggunakan calling visa. Negara Calling Visa adalah negara yang kondisi atau keadaan negaranya dinilai mempunyai tingkat kerawanan tertentu ditinjau dari aspek politik, aspek ideologi, aspek sosial, aspek ekonomi, aspek budaya, aspek keimigrasian, aspek pertahanan dan keamanan negara.

Rezim kedua adalah visa biasa. Rezim ketiga adalah visa on arrival atau visa yang diperoleh saat baru tiba di suatu negara. Rezim keempat adalah bebas visa.

Kebijakan bebas visa sampai saat ini baru diterapkan kepada negara-negara ASEAN dan beberapa negara lain seperti Chile, Hongkong, Macau, Morocco, Peru dan Ecuador.

uthe/Journalist/VMN/BL
Image : youtube