Boeing Melakukan Pemotongan Biaya Di Bisnis Pertahanan

(Business Lounge – Business Today) Kepala dari divisi defense, space, dan security business Boeing berencana untuk melakukan pemotongan biaya. Pemotongan biaya unit sebesar 2/3 dari $6 yang didapat dari penyisihan di jaringan suppliers. Hal tersebut disebutkan oleh Chris Chadwick, chief executive Boeing Defense, Space, and Security seperti yang dilansir Reuters.

Boeing telah melakukan pemotongan biaya dari defense unit, yang memiliki nilai penjualan tahunan sebesar $33 milyar. Rencananya perusahaan akan melakukan pemotongan tambahan sebesar $2 milyar.

Boeing merasa memiliki banyak peluang untuk mengefisiensikan rantai supply sehingga dapat mengakibatkan pengurangan biaya. Bisnis pertahanan Boeing telah berada dalam tekanan untuk melakukan pemotongan biaya hal tersebut disebabkan belanja pertahanan Amerika Serikat yang telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut juga dirasakan oleh para pesaing Boeing seperti Lockheed Martin Corp, General Dynamics Corp, dan Raytheon Co.

Chadwick mengatakan jika anggaran belanja pemerintah Amerika Serikat mengalami penurunan sebesar 24 persen yang dikarenakan adanya pemotongan pengeluaran secara otomatis dari tahun ke tahun. Boeing dan perusahaan lainnya yang bergerak di bisnis pertahanan memang telah mengekspektasikan adanya penurunan anggaran.

Boeing memiliki keunggulan dalam bisnis pertahanan meskipun terjadi pemotongan anggaran yang dikarenakan semakin berkurangnya anggaran pertahanan pemerintah Amerika Serikat. Keuggulan tersebut adalah Boeing dapat menggunakan kesuksesannya dalam memproduksi model pesawat terbang komersil sebagai rujukan dalam memproduksi produk-produk militer.Produk-produk tersebut adalah pesawat P-8 Poesidon dan KC-46 aerial tanker.

 

Afif Bahar/Journalist/VM/BL
Editor: Jul Allens
image : wikipedia