Priceline Rencana Membeli Saham Ctrip

(Business Lounge – Business Today) – Agen perjalanan online Priceline Group Inc yang berbasis di US akan menginvestasikan sebesar US $ 500 juta pada Ctrip.com,agen perjalanan online Tiongkok No. 1 kemarin, dilansir dari Shanghaidaily.

Priceline akan berinvestasi di Ctrip melalui convertible bond senilai US $ 500 juta. Ctrip juga memungkinkan Priceline untuk membeli saham Ctrip di pasar terbuka selama 12 bulan ke depan. Dikombinasikan dengan share dalam convertible bond, Priceline akan dibatasi memegang 10 persen dari saham Ctrip yang beredar ini. Tapi Priceline akan memiliki hak untuk menunjuk seorang pengamat duduk dalam dewan direksi Ctrip.

Kedua belah pihak juga sepakat untuk bekerja sama dalam sharring penyediaan hotel seiring meningkatnya permintaan  untuk tiket secara online dan juga proses pemesanannya.

Pelanggan Ctrip dapat memanfaatkan portofolio Priceline  di luar negeri yang memiliki lebih dari 500.000 akomodasi, sementara pelanggan Priceline juga dapat memanfaatkan Ctrip yang memiliki lebih dari 100.000 akomodasi di Tiongkok. Perjalanan wisata internasional ini merupakan langkah berikutnya untuk Ctrip.

Kemitraan ini akan membantu Ctrip memperkuat posisinya sebagai yang terdepan dengan mengamankan jumlah wisata yang lebih baik dan mengeksplorasi peluang bisnis baru, yang memanfaatkan boomingnya pasar wisata internasional di Tiongkok.

Pada tahun 2013, pendapatan dari pasar perjalanan online ini mencapai 218 miliar yuan (US $ 35,2 miliar), dan Ctrip menyumbang sekitar 50 persen dari pasar.

“Perjalanan ke dan dari Tiongkok berkembang pesat, dan melalui kemitraan ini, kami memiliki kesempatan untuk lebih membantu dunia lebih mengenal akan Tiongkok, dan Tiongkok lebih mengenal akan dunia,” demikian disampaikan Darren Huston, Presiden & CEO Priceline, dilansir dari Shanghaidaily.

Arum/Journalist/VM/BL
Editor: Iin Caratri