Pekerja Nokia Yang di PHK Microsoft Siap Ditampung Alibaba

(Business Lounge – Business Today)  Belasan ribu pekerja Nokia yang akan diPHK oleh Microsoft pada tahun 2015 nanti kini bisa berlega hati, dikarenakan mereka akan dipekerjakan  oleh Alibaba Group yang merupakan perusahaan e-commerce terbesar di dunia.

Pekerja yang akan direkrut oleh Alibaba tersebut merupakan pekerja Nokia yang berwarga negara Tiongkok yang berjumlah 90% dari pekerja Nokia yang akan di PHK tersebut. Sebagian besar pekerja Nokia ini berdomisili di Tianjin dan Beijing.

Alibaba bersedia untuk merekrut orang-orang yang akan diberhentikan dari Nokia tersebut karena bertujuan untuk memperluas bisnis komputasi awannya dalam rangka menyaingi pesaing utamanya. Bisnis komputasi awan Alibaba, Aliyun (AliCloud), membuka data center pertama di Hong Kong bulan Mei lalu.

Pengumuman Alibaba untuk merekrut pekerja Nokia tersebut setelah bulan lalu perusahaan perangkat lunak yang berbasis di AS – Microsoft mengumumkan  akan memangkas tenaga kerja global sebesar 18.000 pada tahun 2015 .  Microsoft akan mengurangi biaya 600 dolar AS per tahun dalam jangka waktu 18 bulan untuk menutup perusahaan Nokia.

Raksasa e-commerce asal Tiongkok ini menawarkan diri untuk menampung mantan karyawan produsen ponsel tersebut melalui akun Sina Weibo, seperti yang dilansir oleh China Topix.

Joel/Journalist/VM/BL
Editor : Jul Allens
image : youtube