Beats Finalkan Kesepakatan Dengan Apple Senilai US $ 3 Miliar

(Business Lounge – Business Today) – Apple Inc telah memfinalkan  kesepakatan dengan Beats sebesar US $ 3 miliar, menambahkan lineup headphone, speaker dan layanan streaming musik untuk produk inti mereka yaitu  iPhone, iPads dan Mac.

The Cupertino, California, perusahaan ini mengkonfirmasi akan kesepakatan ini  dengan pengumuman di situsnya:
“Hari ini kami sangat gembira menyambut resmi Beats Musik dan Beats Electronics masuk dalam keluarga Apple. Musik selalu memegang tempat khusus di hati kita, dan kami senang bergabung dengan sekelompok orang yang juga menyukai musik sebanyak yang kami lakukan.”

Halaman yang mengarahkan pengunjung pada Beats melalui situs Dre ini menjelaskan bahwa semua pesanan online saat ini akan dilakukan melalui Apple Store. Mereka  juga memiliki iklan video yang menggembar-gemborkan bagaimana bagusnya audio Beats ini pada laptop Hewlett-Packard.

Kesepakatan dengan Beats ini adalah nilai yang terbesar dalam sejarah Apple, meskipun relatif konservatif dengan standar dari Silicon Valley. Beats sudah pasti memiliki aliran pendapatan dan keuntungan, meskipun tidak cukup untuk membuat perubahan besar dalam bisnis Apple secara keseluruhan.

Bagian dari daya tariknya  adalah pendiri dari Beats ini, yaitu pemusik Jimmy Iovine dan rapper Dr Dre. Dengan industri musik yang terus mengalami pergolakan, Apple tampaknya berharap kesepakatan ini dapat membantu mempertahankan dan memperluas hubungan Apple dengan bakat dan musik label.

Secara keseluruhan pasar untuk download musik,  dimana Apple yang membantu merintisnya lebih dari satu dekade lalu dengan toko iTunes, telah menyusut. Meskipun begitu dalam kuartal terakhirnya  Apple mengatakan bagian yang paling cepat berkembang dari bisnis nya adalah App dan iTunes store, bersama juga dengan layanannya.

Apple akan terus menjual aplikasi Beats Music streaming pada iOS, Windows dan Android platform. Memang itu tidak besar tapi menarik bagi Apple, yang secara tradisional telah membuat aplikasi sendiri yang tersedia pada gadgetnya sendiri.

Arum/Journalist/VM/BL
Editor: Iin Caratri