Inflasi Zona Euro Jatuh Ke Level Terendah Sejak Puncak Krisis

(Business Lounge – Business Today) Berita kurang baik kembali menerpa perekonomian Eropa. Inflasi zona euro telah jatuh ke level terendah sejak puncak krisis keuangan, lebih rendah dari angka yang diperkirakan oleh Bank Sentral Eropa (ECB) sebelumnya seperti dilansir oleh BBC. Hal ini menandakan ekonomi zona Eropa masuk dalam “zona bahaya”.

Harga-harga barang mengalami kenaikkan di wilayah mata uang tunggal sebesar 0,4% di bulan Juli, dari sebelumnya 0,5% pada bulan Juni. Bank Sentral Eropa menganggap bahwa tingkat inflasi di bawah 1% dapat menimbulkan risiko deflasi. Angka terpisah menunjukkan bahwa tingkat pengangguran di wilayah ini sedikit turun menjadi 11,5% pada Juni dibandingkan dengan 11,6% pada bulan Mei.

Angka inflasi yang baru dilaporkan kantor statistik Uni Eropa, Eurostat menunjukkan bahwa suku bunga terus menerus dipertahankan di bawah tingkat target ECB sebesar 2%. Harga telah mengalami peningkatan pada tingkat tahunan kurang dari 1% selama sepuluh bulan terakhir.

Gubernur Bank Sentral, Mario Draghi, sebelumnya telah memperingatkan bahwa dia menganggap inflasi di bawah 1% menandakan ada dalam “zona bahaya”. Sementara pada awal tahun 2014, Christine Lagarde, Kepala Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan bahwa deflasi masih menjadi ancaman nyata bagi pemulihan ekonomi di zona Eropa.

Walau ada sinyal pemulihan di dunia, Christine Lagarde mengatakan risiko potensial sepatutnya tidak boleh diabaikan. Salah satunya adalah fakta bahwa inflasi di zona Eropa sebesar 0,8%, masih “jauh di bawah target” 2% yang diinginkan oleh Bank Sentral Eropa (ECB).

Lagarde berbicara pada hari terakhir di Forum Ekonomi Dunia, di Davos. Lagarde mengatakan prospek ekonomi global – meskipun tanda-tanda pemulihan ada di mana-mana  ada “risiko lama” dan “risiko baru”.

Sementara pada pertemuan itu, Mario Draghi, presiden ECB, mengatakan bahwa bank siap untuk bertindak jika diperlukan, tapi dia bersikeras bahwa deflasi belum menjadi masalah bagi zona euro. Namun saat ini dengan kondisi inflasi berada di level terendah sejak puncak krisis maka deflasi telah menjadi musuh utama kawasan Eropa dalam proses pemulihan ekonominya.

Tania Febe/Journalist/VM/BL
Editor: Ruth Berliana
Image: Wikipedia