McDonald’s Hentikan Penjualan Nugget Ayam di Hong Kong

(Business Lounge – World News) – Mc Donald’s telah menghentikan penjualan nugget ayam dan beberapa produk lainnya di Hong Kong setelah disampaikan mereka mengimpor produk tersebut dari Shanghai Husi Food, perusahaan Tiongkok yang berbasis di Amerika Serikat yang sedang mengalami skandal keamanan pangan.

Perusahaan itu mengatakan bahwa mereka mengimpor beberapa produk tertentu dari Shanghai Husi antara Juli tahun lalu sampai dengan bulan Juni tahun ini, meskipun saat ini sudah tidak ada makanan dari pemasok tersebut yang masih ada di tempat persediaan.

Di Jepang, McDonald’s Holdings Co (Jepang) kemarin mengatakan akan menghentikan semua impor produk ayam dari Tiongkok dan menggeser bisnis pemasok tersebut ke Thailand, mereka meningkatkan pembelian dari pemasok yang memang sudah ada McKey Foods Services (Thailand).  Tahun lalu, Thailand memasok 62 persen dari impor produk ayam McDonald’s Jepang dan Tiongkok memasok sisanya.

Skandal makanan ini terjadi ketika sebuah laporan berita TV Shanghai pada hari Minggu menunjukkan pekerja di Shanghai Husi Food menggunakan daging yang kadaluarsa dan mengambil makanan tersebut dari lantai untuk ditambahkan kembali ke dalam campuran dagingnya.

 

Perusahaan makanan fast food mengatakan di Hong Kong juga telah menghentikan penjualan McSpicy filets ayam, ayam dan salad hijau, secangkir jagung segar dan es lemon tea.

Mereka juga  mengatakan telah berhenti menggunakan bahan-bahan berikut dari pemasok cabang lainnya, Guangzhou Husi: selada, biji jagung, irisan lemon, salad hijau, ketimun, bawang merah dan tomat.

Pengumuman tersebut dikeluarkan setelah Hong Kong mengatakan telah menghentikan semua impor dari Shanghai Husi Food, yang dimiliki oleh berbasis Grup OSI.

Center Hong Kong untuk Keamanan Pangan mengatakan pada hari Kamis malam bahwa setiap produk makanan dari Husi yang sudah diimpor ke kota akan ditandai, disegel dan dilarang dijual, sambil menunggu hasil penyelidikan oleh otoritas Tiongkok.

Berjaga jaga untuk keamanan pangannya juga telah dilakukan oleh Yum Brands Inc, yang telah mengatakan kepada semua outlet KFC dan Pizza Hut untuk menyegel dan berhenti menggunakan semua bahan daging yang dipasok oleh pabrik Husi.

Arum/Journalist/VM/BL
Image: wikimedia