Laba Baidu Kuartal Kedua Meningkat 34,1 Persen

(Business Lounge – Business Today) – Operator terbesar search engine Tiongkok yaitu Baidu mengatakan bahwa laba dari mobile memberikan kontribusi 30 persen terhadap total pendapatannya pada kuartal kedua.

Baidu mengatakan dalam filing bursa kemarin  bahwa pendapatannya meningkat sebesar 58,5 persen dari tahun lalu menjadi 11,99 miliar yuan dalam tiga bulan yang berakhir pada 30 Juni . Laba pada kuartal kedua meningkat 34,1 persen menjadi 3,55 miliar yuan (US $ 573.1 juta) .

Penjualan iklan online naik 57 persen dari periode yang sama pada tahun lalu menjadi 11,84 yuan dan jumlah pengiklan online nya mencapai 490.000, demikian perusahaan mengatakannya kemarin dalam filing bursa.

Pada bulan April lalu, Baidu meluncurkan platform pembayaran mobile, Baidu Wallet, untuk tetap mengikuti dengan raksasa Internet seperti Alibaba dan Tencent. Pada bulan Mei, ia mendirikan sebuah laboratorium kecerdasan buatan di Silicon Valley untuk meningkatkan penelitian dan mengejar ketinggalan dengan perusahaan-perusahaan seperti Google dan Apple.

Baidu Inc,  search engine paling populer yang beroperasi di Tiongkok, mengatakan bahwa penyebab keuntungan kuartal keduanya naik 34 persen dibanding tahun sebelumnya adalah karena bertumbuhnya bisnis mobile.

Baidu dan perusahaan-perusahaan Internet lainnya sedang mengembangkan mobile e-commerce dan layanan lainnya mengikuti semakin cepat bergesernya pengguna Tiongkok menjadi online dengan menggunakan smartphone dan komputer tabletnya. Baidu mendominasi pencarian Internet tradisional tetapi kehadiran jauh lebih kecil dalam mobile.

Kontribusi mobile dari total pendapatan Baidu naik di atas 30 persen untuk pertama kalinya, Chairman Robin Li mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Kami memiliki kuartal yang luar biasa karena kami terus membangun momentum mobile ini dengan sangat kuat,” demikian disampaikan oleh Li.

Upaya mobile yang semakin meningkat ini tercermin dalam dua kali lipatnya jumlah penjualan dan biaya administrasi yang meningkat menjadi 2,1 miliar yuan,  perusahaan mengatakan jumlah itu disebabkan adanya pengeluaran promosi yang jauh lebih tinggi.

Untuk kuartal saat ini, Baidu memperkirakan kenaikan pendapatannya antara  50,9 – 55 persen meningkat dibandingkan tahun sebelumnya sehingga pendapatannya diperkirakan menjadi 13,4-13,8 miliar  yuan.

Arum/Journalist/VM/BL
Image: wikipedia