Brasil Harusnya Tunjuk Guardiola sebagai Pelatih Timnas!

(Business Lounge – Sports) Brasil akhirnya memang resmi menunjuk Carlos Dunga sebagai pelatih tim nasional Brasil menggantikan Luiz Felipe Scolari yang dibecat karena dianggap gagal di Piala Dunia 2014. Namun banyak yang menyesalkan keputusan CBF yang menunjuk kembali Dunga sebagai pelatih. Salah satunya adalah pahlawan Brasil di Piala Dunia 1970 yaitu Roberto Rivelino yang menyebut Josep Guardiola yang seharusnya dipilih CBF untuk menangani tim samba.

CBF sendiri memang pada akhirnya lebih memilih untuk mempertahankan tradisi mereka dengan tidak menunjuk pelatih asing sebagai pelatih tim nasional Brasil. Namun menurut Rivelino, mantan pelatih Barcelona yang saat ini menangani Bayern Muenchen dinilai tetap bakal jadi opsi yang terbaik.

Dalam sebuah laporan dari EFE, Rivelino mengatakan bahwa “Atas apa yang terjadi di Piala Dunia lalu, saya mengharap CBF berpikir dengan cara yang berbeda dengan menggunakan pelatih asing seperti Guardiola. Pasalnya Spanyol menjadi juara di tahun 2010 dengan sedikit campur tangan Guardiola, sama halnya seperti Jerman yang jadi juara dunia 2014 dengan adanya tiki-taka.”

Dia juga menambahkan “Brasil akan terus diingat karena kekalahan 1-7 tersebut. Memang Anda boleh kalah, tapi tidak seperti itu. Pasalnya kami dibuat menderita dan ini lebih buruk dari Maracana di mana kami kalah 1-2 di tahun 1950 atas Uruguay. Kekalahan dari Jerman itu tak lagi menyedihkan, tapi mengecewakan.”

Lingga Rizky/Journalist/VMN/BL
Editor : Ruth Berliana